Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
SUCI LIDYA KUSUMAWATI (STUDENT ID : 18040263083)
(LECTURER ID : 0016068702)
Subject
Vokasi
Datestamp
2022-12-23 14:47:44
Abstract :
Pandemi Covid 19 yang melanda Indonesia berdampak salah satunya pada sektor pelayanan publik maka dari itu sangat dibutuhkannya pelayanan prima yang dilakukan oleh petugas pelayanan sehingga kebutuhan warga akan tercapai. Pelayanan Prima sangat dibutuhkan pada setiap instansi pemerintah maupun swasta, dengan harapan pelayanan prima dapat menjadi jawaban dari beberapa kendala yang ada pada masyarakat terkait dengan pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pelayanan Prima pada Masa Pandemi Covid 19 di Kantor Kelurahan Sidokare. Fokus penelitian ini meliputi 4A indikator menurut Daryanto yaitu 1) Sikap (Attitude) 2) Perhatian (Attention) 3) Tindakan (Action) 4) Antisipasi (Anticipation). Teknik pengambilan data dan informasi dideskripsikan sesuai dengan kenyataan yang ditemukan dilapangan, melalui dokumentasi, wawancara, serta studi literature. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa pelaksanaan pelayanan prima pada masa pandemi Covid 19 di Kelurahan Sidokare sudah cukup baik, karena Sipraja masih terkendala sehingga masih banyak warga yang melakukan pengajuan surat dengan tatap muka atau datang di Kantor Kelurahan Sidokare. Berdasarkan analisis prinsip pelayanan prima 4a yaitu pada faktor sikap dan faktor antisipasi sudah cukup baik, namun untuk faktor perhatian masih terdapat kendala yaitu belum lengkapnya persyaratan yang ada di papan SOP dan belum adanya nomor antrean, kemudian untuk faktor tindakan perlu diperhatikannya kursi di ruang pelayanan umum agar warga menjaga jarak sesuai dengan anjuran pemerintah. Oleh karena itu peneliti memberikan saran menambahkan persyaratan administrative pada papan SOP, segera terlaksananya nomor antrean agar warga dan petugas pelayanan tidak rancu dalam memberikan pelayanan dan memperhatikan kursi di ruang pelayanan agar tetap menjaga jarak.