DETAIL DOCUMENT
STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN ADMINISTRASI MELALUIAPLIKASI PETUNG DADI (PELAYANAN TUNGGAL DENGAN SEPENUH HATI) OLEH DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN TRENGGALEK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
DHONY FEMILIAN RENALDI (STUDENT ID : 18040674048)
(LECTURER ID : 0025108901)
Subject
Ilmu Sosial dan Hukum 
Datestamp
2022-12-23 14:49:20 
Abstract :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Trenggalekmembentuk pelayanan berbasis elektronik sesuai dengan ketentuan pasal 18Peraturan Bupati Trenggalek Nomor 24 Tahun 2017. Dinas Komunikasi danInformatika Kabupaten Trenggalek membentuk sistem aplikasi yangmengintegrasikan kantor desa dan kantor kecamatan untuk memudahkan pelayananadministrasi dengan menyederhanakan proses pengurusan surat dari kantorkecamatan. Aplikasi ini dinamakan dengan sebutan Petung dadi. Metode penelitian dalam artikel ilmiah inimenggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dengan Fokus penelitianyang digunakan adalah strategi penyelenggaraan pelayanan publik dengan mengacupada lima strategi Menurut David Osborne dan Plastrik dalam Mahmud Danil(2018). Berikut lima strategi dan hasil penelitian tersebut: 1) Core Strategy (strategi inti) DinasKomunikasi dan Informatika Kabupaten Trenggalek menerapkan dan merealisasikanperaturan mengenai pengembangan pelayanan publik berbasis E-government. 2) Consequences Strategy (strategikonsekuensi) yang menunjukkan bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika KabupatenTrenggalek membentuk peraturan dan Standar Operasi Kerja (SOP) dalampelaksanaan pelayanan melalui aplikasi Petung Dadi. 3) Customer Strategy (strategi pelanggan) Dinas Komunikasi danInformatika Kabupaten Trenggalek mengadaptasi penerapan strategi pelayananmelalui E-government yang telah adadi kota lain yang telah mendapatkan penghargaan agar mendapatkan mutu layananyang baik dalam pelaksanaan pelayanan melalui aplikasi Petung Dadi. 4) Control Strategy (strategi pengawasan)Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Trenggalek memberikan pelatihan danjuga pmgembangan pegawai dalam pelaksanaan pelayanan publik melalui aplikasiPetung Dadi yang tergolong baru. 5) CultureStrategy (strategi budaya) Dinas Komunikasi dan Informatika KabupatenTrenggalek membangun jalur koordinasi baik secara online maupun secara langsung. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya