DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Permainan Komputer "Architect Man" sebagai Instrumen Penilaian Materi Segiempat dan Segitiga untuk Siswa Kelas VII
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Rochmah Nur Kurnia Rini (STUDENT ID : 15030174022)
(LECTURER ID : 0001107206)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:39:00 
Abstract :
Seiringberkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, muncul penyajian instrumenpenilaian yang berbasis komputer. Penilaian berbasis permainan komputer memilikibeberapa keuntungan dibanding penilaian berbasis kertas. Penggunaan permainankomputer sebagai instrumen penilaian juga dapat menurunkan tingkat kecemasansiswa saat penilaian berlangsung dan meningkatkan hasil penilaian. Walaudemikian penilaian tertulis lebih umum digunakan. Oleh karena itu, penelitianini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan permainan komputerArchitectMan sebagaiinstrumen penilaian materi segiempat dan segitiga untuk siswa kelas VII. Permainankomputer Architect Man dapatdikatakan baik apabila valid, reliabel, dan sensitif. Pengembangan permainankomputer Architect Man mengacu padamodel pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analys, design, develop, implement, dan evaluate. Data yang dikumpulkan diperoleh dari instrumen lembarvalidasi dan hasil ujicoba. Desain ujicoba yang diterapkan yaitu desain ujicoba pretes-postes dengan subjek ujicoba siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Cerme, Gresik. Analisis data yang dilakukan adatiga yaitu validitas, reliabilitas, dan sensitivitas.Hasilpengembangan permainan komputer ArchitectMan dapat dikatakan baik karena telah memenuhi kriteria valid, reliabel,dan sensitif. Hasil analisis validitas diperoleh rata-rata total validasi yaitu3,57 sehingga termasuk kategori sangat valid. Hasil analisis reliabilitasdiperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,784 sehingga dapat dikatakanpermainan komputer Architect Man memilikitingkat reliabilitas yang tinggi. Sedangkan hasil analisis sensitivitas menunjukkanbahwa setiap butir soal yang dikembangkan memiliki indeks sensitivitas antara 0sampai dengan 1. Kata kunci: permainan komputer,instrumen penilaian, segiempat dan segitiga 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya