Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
PUTRI RIZQI RAMADHANTI (STUDENT ID : 19030184086)
(LECTURER ID : 0022086004)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Datestamp
2023-09-04 17:07:22
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis laboratoium untuk meningkatkan ketarampilan proses sains, mendeskripskan peningkatan keterampilan proses sains setelah menerapkan model inkuiri terbimbing berbasis laboratorium, dan mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pembelajaran fisika menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis laboratoium untuk meningkatkan ketarampilan proses sains peserta didik pada materi alat optik peserta didik SMA Negeri 1 Surabaya. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre- experimental design dengan menggunakan 3 kelas yaitu kelas eksperimen pada kelas XI Mipa 1, kelas replikasi 1 pada kelas XI Mipa 5, dan kelas replikasi 2 pada kelas XI Mipa 6dengan total 97 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis laboratorium untuk meningkatkan keterampilan proses sains terlaksana dengan kategori sangat baik dengan nilai 3,89 untuk kelas eksperimen, 3,87 untuk kelas replikasi 1, dan 3,88 untuk kelas replikasi 2. Terdapat peningkatan secara statistik pada 0,05, dan tidak berbeda pada kelas eksperime, kelas replikasi 1, dan kelas replikasi 2. Hasil Nilai n-gain pada kelas eksperimen dengan nilai 0,49 dalam kategori sedang, pada kelas replikasi 1 dengan nilai 0,51 dalam kategori sedang, dan pada kelas replikasi 2 dengan nilai 0,56 dalam kategori sedang.. Respon peserta didik terhadap pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis laboratorium untuk meningkatkan keterampilan proses mendapatkan rerata persentase sebesar 89,94%.