Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
ADI KUS ROCHMAN JK (STUDENT ID : 17030204033)
(LECTURER ID : 0021076801)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Datestamp
2022-12-23 14:46:31
Abstract :
Penelitian inibertujuan untuk menghasilkan E-LKPD berbasis inkuiri padasubmateri fotosintesis untukmeningkatkan kemampuan argumentasi peserta didik yang layak berdasarkan dari aspek kevalidan, kepraktisan, dankeefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan modelpengembangan siklus instruksional Fenrich. Modelpengembangan siklus instruksional Fenrich meliputi analysis,planning, design, development, implementation, evaluation, dan revision. Metode pengambilan data dilakukan melaluiproses validasi menggunakan lembar validasi E-LKPD oleh tiga validator yaitudosen ahli pendidikan, dosen ahli materi, dan guru biologi SMA. Uji cobaterbatas dilakukan di kelas 12 MIPA 3 SMAN 1 Tarik dengan jumlah 20 pesertadidik. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan analisis deskriptifkualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkanbahwa skor E-LKPDsebesar 3,83 dengankategori sangat valid, kepraktisan E-LKPDdidapatkan persentase sebesar 98% kategori sangat praktis, keefektifan E-LKPDdidapatkan peningkatan kemampuan argumentasi dengan N-gain 0,69 kategori sedangdan respon peserta didik didapatkan persentase sebesar 94,8% kategori sangatefektif. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD yangdikembangkan dinyatakan layak berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dankeefektifan.