DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PEMBAGIAN WAKTU DI INDONESIA KELAS VI SDN PUCANG 4 SIDOARJO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
CICIK ASRINING HANDAYANI (STUDENT ID : 19070855076)
(LECTURER ID : 0005106404)
Subject
Pascasarjana 
Datestamp
2022-12-23 14:47:33 
Abstract :
ABSTRAKAsrining Handayani, Cicik. 2021. Pengembangan Media Interaktif BerrbasisAdobe Flash untuk Meningkatkan Literasi Digital dan Hasil Belajar pada MateriPembagian Waktu di Indonesia Kelas VI SDN Pucang 4 Sidoarjo. Tesis,Progam Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas NegeriSurabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Mustaji, M.Pd., dan (II) Dr. M. TurhanYani, M.A.Kata-kata Kunci: Pengembangan media interaktif berbasis Adobe Flash, pembagian waktu diIndonesia, peningkatan literasi digital dan hasil belajar.Penelitianini bertujuan untuk meningkatkan literasidigital dan hasil belajar dengan pengembangan media interaktif berbasis Adobe Flash pada materi pembagian waktudi Indonesia kelas VI SDN Pucang 4 Sidoarjo.Penelitian ini menggunakan limatahapan dari model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analisis (analyze),desain (design), pengembangan (develop),implementasi (implement), danevaluasi (evaluate). Subjek penelitian ini dilaksanakan di kelas VI SDNPucang 4 Sidoarjo dengan kelas kontrol sejumlah 10 peserta didik pada kelas VI Bdan kelas eksperimen sejumlah 32 peserta didik pada kelas VI A. Tahap analisisdiperoleh data dan informasi untuk pengembangan media yang akan dibuat. Selanjutnyamendesain media yang dikembangkan secara rapi. Pada tahap pengembangan, mediayang telah didesain mendapat validasi dari dosen sebagi ahli media dan materisebesar 100% dan 98% dengan kategori sangat valid/sangat layak. Implementasimedia yang dikembangkan pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen menggunakan pretest dan posttest design. Hasil penelitian di kelas eksperimen mendapatkandata sebagai berikut: (1) kelayakan media selain mendapat penilaian dari paraahli (dosen) juga mendapat penilaian dari ahli media dan materi di lapangansebesar 98% dan 95% dengan kategori sangat valid/sangat layak, (2) media dinyatakanpraktis untuk pembelajaran karena mendapat persentase hasil ketercapaianpembelajaran 100%, keterlaksanaan pembelajaran mendapat skor 98,82 dan responpeserta didik mendapat rata-rata persentase sebesar 99,31% dengan kategori sangat baik semua, (3) media inidinyatakan efektif untuk meningkatkan literasidigital yang memperoleh persentase dari respon peserta didik sebesar 97,57%kategori sangat baik, (4) media juga dinyatakan efektif untuk meningkatkanhasil belajar peserta didik karena nilai posttestlebih bagus dari pada nilai pretestserta dibuktikan dengan uji t yang menunjukkan t hitung lebih besar dari pada ttabel. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwamedia interaktif berbasis Adobe Flashmateri pembagian waktu di Indonesia sangat layak, praktis dan efektif untukmeningkatkan literasi digital sertahasil belajar peserta didik. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya