Abstract :
Kemampuan menulis hanzi siswa kelas X SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo pada prosespembelajaran bahasa Mandarin masih kurang, karena siswa masih mengalamikesulitan dalam menulis hanzi baikdari urutan goresan maupun bentuk karakter hanzisecara utuh. Hal tersebut yang mendasari guru menggunakan media NJStar dalam proses pembelajaran menulishanzi agar siswa lebih mudah memahamicara menulis hanzi baik dari urutangoresan maupun bentuk hanzi secarautuh. Tujuan penelitian ini ialah 1) Mendeskripsikan proses penggunaan media NJStar terhadap kemampuan menulis hanzi, 2) Mendeskripsikan pengaruhpenggunaan media NJStar terhadapkemampuan menulis hanzi, 3)Mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan media NJStar dalam pembelajaran menulis hanzi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan teknikkuantitatif yang menerapkan TrueExperiment Design. Model yang digunakan dalam penelitian ini ialah Pretest Posttest Control Group Design. MediaNJStar merupakan aplikasi yang dibuatoleh NJStar Software Company. Media NJStar merupakan aplikasi yang sangatmembantu dalam pembelajaran bahasa Mandarin khususnya pembelajaran menulis hanzi, karena di dalam aplikasi initerdapat fitur yang sangat membantu terhadap pembelajaran bahasa Mandarin yangberhubungan dengan hanzi. Hasilanalisis observasi guru pada kelas Eksperimen diperoleh persentase sebesar 89%,hasil analisis observasi aktivitas siswa pada penelitian ini diperolehpersentase sebesar 89%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media NJStar dalam pembelajaran menulis hanzi termasuk dalam kategori sangatbaik. Berdasarkan hasil analisis dan perhitungan yang telah dilaksanakan,diperoleh to = 3,444 dan db = 78, taraf signifikan yang digunakan dalampenelitian ini ialah 1% (0,01). Berdasarkan hasil tersebut maka diketahui ttabel (ta) =2,375, maka hasil yang diperoleh setelah melalui proses penghitungan yaitu(3,444 2,375). Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, dapat disimpulkanbahwa hasil pretest dan posttest pada pembelajaran menulis hanzi terdapat pengaruh yang signifikan.Hasil analisis angket yang terdiri dari 10 pernyataan diperoleh tanggapan siswayang sangat baik terhadap penggunaan media NJStardalam pembelajaran menulis hanzi.Hasil keseluruhan persentase dari masing-masing butir pernyataan berada padarentang nilai 81% - 100% yang menunjukkan bahwa hasil persentase tersebuttermasuk dalam kategori sangat baik.