DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN KETERAMPILAN METAKOGITIFMELALUI BLENDED LEARNING BERBASIS WEB SCHOOLOGY DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI LAJU REAKSI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
RONA DEA MEISTASARI (STUDENT ID : 17030194041)
(LECTURER ID : 0015076503)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:45:08 
Abstract :
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikanketerlaksaan, peningkatan keterampilan metakognitif dan hasil belajar sertarespon peserta didik terhadap blended learning berbasis web schoology denganpendekatan saintifik pada materi laju reaksi. Penelitian menggunakan desai penelitianpre-eksperiment yaitu One Group Pretest-Postest Design. Sasaran penelitian kelas11 IPA SMA yang dilakukan di kelas 11 IPA 3 di SMA Negeri 1 Gurah dengan 36peserta didik tanpa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknikobservasi, tes dan angket. Analisis data yang digunakan adalah persentase, rata-rata,uji paired T-test dan Uji N-Gain. Hasil penelitian sebagai berikut 1). Blendedlearning berbasis web Schoology terlaksana dengan kriteria sangat baik sebesar 99,25%. 2).Keterampilan metakognitif yang dilatihkan dengan blended learning berbasis web schoologimendapatkan 0,534 mengalami peningkatan keterampilan baik. 3). Hasilbelajar peserta didik juga mengalami ketuntasan sebesar 61,1yang menyatakan bahwa penggunaanblended learning berbasis web schoology baik untuk meningkatkan hasil 1% belajar 4). Respon peserta didik terhadappenggunaan blended learning berbasis web schoology sebagai inovasi pembelajarandengan memanfaatkan teknologi dinilai baik dengan 75% respon peserta didik. Secara keseluruhan, blended learning berbasisweb Schoology efektif untuk meningkatkan keterampilan metakognitif pesertadidik. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya