DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Keterampilan Berbicara dan Kemandirian Belajar Bahasa Korea di Rumah Bahasa Kota Surabaya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
LEE KYEONG YOUN (STUDENT ID : 17070905011)
(LECTURER ID : 0005106404)
Subject
Pascasarjana 
Datestamp
2022-12-23 14:40:50 
Abstract :
ABSTRAKLee, K Y. 2019. Pengaruh Pemanfaatan Sumber belajar terhadapKeterampilan Berbicara dan Kemandirian Belajar Bahasa Korea di Rumah BahasaKota Surabaya. Tesis, Program Studi Teknologi Pendidikan, Pascasarjana,Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Mustaji, M.Pd., (II) Dr.Bachtiar S Bachri, M.Pd.Kata-kata Kunci:Sumber Belajar, Keterampilan Berbicara, Kemandirian belajar.Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar terhadap keterampilanberbicara dan kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Koreadi Rumah Bahasa Kota Surabaya. Penelitianini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian experimental design dengan bentuk pretest-posttest group design.Penelitian ini melibatkan dua kelompok yang masing-masing terdiri dari kelompokeksperimen dan kelompok kontrol. Analisis uji validitas dan reliabilitasinstrument dilakukan untuk mengetahui kehandalan instrument. Setelah instrumentdinyatakan handal, selanjutnya instrument angket untuk menegatahui pengaruhkemandirian belajar dan tes yang akan digunakan untuk mengetahui pengaruhpemanfaatan sumber belajar dalam meningkatkan keterampilan berbicara melalui peretestdan postest, dengan menggunakan rumus independen sampel t-test.Hasilpenelitian berdasarkan perhitungan diatas diketahui rata-rata (mean) untuk pretest kelas kontrol adalah 56,7 dan kelaseksperimen 76,4. Kemudian, hasil dari penghitungan dengan uji sign test diperoleh nilai signifikansiberdasarkan pada kolom asymp. Sig(2-tailed) sebesar 0,00 atau signifikansi < 0,05 (0,00 < 0,05).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pada rata-rata nilaiposttest kelas kontrol dan rata-ratanilai posttest kelas eksperimen yangberarti sumber belajar berpengaruh terhadap keterampilan berbicara. Selanjutnyaberdasarkan perhitungan angket kemandirian belajar diketahui rata-rata (mean)untuk kelas kontrol adalah 76 dan kelas eksperimen 95. Kemudian, hasil daripenghitungan dengan uji t diperoleh nilai signifikansi berdasarkan pada kolomasymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,00 atau signifikansi < 0,05 (0,00 <0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan padarata-rata hasil angket kelas kontrol dan rata-rata hasil angket kelaseksperimen. Kesimpulan yang diperoleh dari analisis uji t pada kelas eksperimenyang menggunakan sumber belajar dan kelas kontrol yang menggunakan metodepembelajaran konvensional atau pembelajaran pada umumnya dapatdiinterprestasikan bahwa terdapat pengaruh peningkatan kemandirian belajarpeserta didik pada pelaksanaan pembelajaran Bahasa Korea di Rumah Bahasa KotaSurabaya. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya