DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING BOLA BASKET PADA SISWA KELAS XI AK 4 SMK NEGERI 2 TUBAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
SETIAWAN ADI MARZUNA (STUDENT ID : 15060464152)
(LECTURER ID : 0028105803)
Subject
Ilmu Olahraga 
Datestamp
2022-12-23 14:41:44 
Abstract :
ABSTRAK PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING BOLA BASKET PADA SISWA KELAS XI AK 4 SMK NEGERI 2 TUBAN Nama : Setiawan Adi MarzunaNIM : 15060464152Prodi : S-1 PendidikanJasmani, Kesehatan, dan RekreasiJurusan : PendidikanOlahragaFakultas : Fakultas IlmuOlahragaNamaLembaga :Universitas Negeri SurabayaPembimbing : Drs. Sudarso,M.Pd. Media audio visual (video) adalah suatu metode pengajaran yang bisa dipergunakan untuk menyampaikan materi lebih banyakdan terinci sehingga penyajian bahan ajar kepada siswa semakin lengkap danoptimal. Selain itu, media ini juga membantu peran serta guru untuk menyampaikanmateri kepada siswa sehingga siswa lebih mudah mengerti. Khususnya dalam halini adalah praktek shooting bolabasket.Dengan media audiovisual, pada praktek shooting bolabasket siswa dapat melihat secara langsung dan jelas pergerakan tangan dalammelakukan teknik shooting. Dan videotersebut dapat diperlambat agar terlihat lebih jelas gerakan apa saja yangharus dipraktekan. Dalam hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa audio visual adalah alat yang digunakanuntuk menyerap pembelajaran melalui media dengar, gambar dan video yang bisamenarik siswa untuk belajar. Penelitiandengan media audio visual (video) bertujuan untukmengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar shooting bolabasket pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Tuban.Populasipenelitian ini adalah siswa kelas XISMK Negeri 2 Tuban tahun ajaran2018-2019. Sedangkan sample yangdigunakan adalahcluster random sampling yaitu 1 kelas jurusan akutansi 4 yang berjumlah 35 siswi. Sampel inidilakukan dengan cara melakukan undian melalui mekanisme pengambilan kertasyang telah dilakukan peneliti kemudian didalam kertas tersebut terdapat tulisanshooting. Ketua kelas yangmendapatkan kertas yang bertuliskan shootingakan dijadikan sampel oleh peneliti.Jenis penelitian ini ialah penelitianeksperimen semu, memakai pendekatan kuantitatif. Rancangan yang ditelitimenggunakan One Group Pretest PosttestDesign. Perlakuan yang diberikan adalah pembelajaran shooting bola basket yang dilaksanakandalam kurun waktu 2 minggu. Teknik pengumpulan data menggunakantes shooting bola basket dalam 30 detik yangdilakukan 2 kali yaitu saat tes awal (pretest)dan tes akhir (posttest) serta ditambahkan dengan tes pengetahuanterhadap siswa. Tes pengetahuan tersebut dilakukan dengan cara siswamengerjakan soal tentang shooting bolabasket.Hasil penelitianmenunjukkan bahwa ada pengaruh media audiovisual (video) pada hasil belajar shootingbola basket pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Tuban. Hal inidibuktikan dengan menggunakan uji-t, taraf signifikansi pengetahuan 0,014 dan taraf signifikansiketerampilan sebesar 0,042 dengan nilai t test pengetahuan 2,611 > ttabel 2,042 sedangkan nilai t test keterampilan 2,127 > t tabel 2,042, dengan demikian sesuai ketentuan t hitung > dari ttabel dengan taraf signifikan 5% maka Ha diterima dan Ho ditolak. Darihasil tersebut disimpulkanbahwa ada peningkatan pengaruh media audio visual (video) terhadap hasil belajar shooting bolabasket pada siswa AK 4 kelas XI SMK Negeri 2 Tuban. Berdasarkan dari perhitungan persentase dengan hasil5,35% untuk nilai pengetahuan dan 3,01% untuk nilai keterampilan, maka dapatdisimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang cukup signifikan setelah diberikan treatment menggunakan audio visual terhadap hasil belajar shooting bola basket.Kata kunci: shooting, bola basket, media, audio visual  

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya