DETAIL DOCUMENT
Implementasi Inquiry Labs Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Getaran Harmonis Sederhana
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Putri Riska Febriyanti (STUDENT ID : 15030184030)
(LECTURER ID : 0020058701)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:38:42 
Abstract :
Penelitian ini bertujuanmendeskripsikan hasil penerapan pembelajaran Inquiry Labs untuk meningkatkan keterampilan proses sains pesertadidik. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Penelitianmenggunakan satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi untuk melihatkonsistensi hasil penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitumetode pengamatan, tes, dan angket. Berdasarkan hasil analisis menunjukkanbahwa: (1) keterlaksanaan pembelajaran InquiryLabs berkategori sangat baik pada ketiga kelas berturut-turut, yaitu 87,78%;85,1%; 86,11% (2) hasil keterampilan proses sains peserta didik meningkatsecara signifikan antara sebelum dan setelah diterapkannya pembelajaran Inquiry Labs dengan rata-rata skor n-gaintermasuk dalam kategori tinggi pada ketiga kelas, yaitu 0,913; 0,902; 0,906 (3)respon peserta didik terhadap pembelajaran InquiryLabs berada pada kategori baik pada ketiga kelas, yaitu 80,11%; 80,3%; 79%.Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat bahwa keterampilan proses sainspeserta didik meningkat dengan konsisten pada ketiga kelas. Dengan demikian,dapat disimpulkan bahwa pembelajaran InquiryLabs dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Kata kunci :Getaran Harmonis Sederhana, Inquiry Labs,dan Keterampilan prosessains. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya