DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA DMATCH NUMBER MATERI KEMAMPUAN PENGENALAN ANGKA DAN WARNA UNTUK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 1 SD DI SLB TUNAS KASIH SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
DEVI FEBRYAN (STUDENT ID : 15010024063)
(LECTURER ID : 0016058802)
Subject
Ilmu Pendidikan 
Datestamp
2022-12-23 14:38:19 
Abstract :
Penelitianini bertujuan menghasilkan media DMatchNumber materi kemampuan pengenalan angka dan warna untuk anak tunagrahitaringan kelas 1 SD di SLB Tunas Kasih Surabaya. Media DMatch Number tersebut untuk memudahkan anak tunagrahita ringandalam pembelajaran tentang angka dan warna. Hal ini didasarkan pada latarbelakang penelitian yaitu anak tunagrahita ringan di SLB Tunas Kasih Surabayamemiliki kesulitan belajar dalam menulis angka, sehingga rendahnya hasilbelajar anak. Untuk itu diperlukannya pemecahan masalah dengan menggunakanmedia DMatch Number yang memilikikeunikan dari segi visualnya yaitu angka yang dibentuk secara nyata, dapatdimainkan serta menggunakan warna yang memiliki efek untuk meningkatkan minatbelajar anak tunagrahita ringan dalam pembelajaran. Metodeyang diguanakan adalah ADDIE yaitu analyze,design, develop, implement, dan evaluation pada pelaksanaan pembuatanmedia tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitiannon-parametrrik. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah subjek ahli yaituahli materi, ahli media, ahli desain pembelajaran serta subjek anak tunagrahitaringan kelas 1 SD yang berjumlah 6 anak. Metode pengumpulan data dilakukandengan angket terbuka, expert judgementdan tes. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan rumus P yang digunakanuntuk mengukur presentase angket kemudian untuk tes menggunakan expert judgement dan rumus wilcoxon match pairs test.Hasilpenelitian menunjukkan bahwa, validasi kelayakan media DMatch Number memperoleh perhitungan angket ahli materi sebesar96,86% dengan kriteria baik sekali; perhitungan angket ahli desain pembelajaransebesar 100% dengan kriteria baik sekali; perhitungan angket ahli media untukmedia adalah 100% dengan kriteria baik sekali; sedang untuk bahan penyerta94,12% dengan kriteria baik sekali. Data hasil uji coba media menggunakanmetode expert judgement, ini karenakan peserta didik tidak memungkinkan untukmelakukan validasi maupun uji coba media karena adanya keterbatasan dalamkemampuan. Data perolehan Wilcoxon MatchPairs Test dari pre test dan post test diperoleh sebesar Zhitung 2,20> Ztabel 1,96, dengan taraf kesalahan 5%, sehingga ada perbedaan rata-ratahasil belajar. Kesimpulannya bahwa penggunaan media DMatch Number efektif dan layak digunakan untuk pembelajaran anaktunagrahita ringan dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensionalpada materi kemampuan pengenalan angka dan warna untuk anak tunagrahita ringan.KataKunci: Pengembangan Media 3Dimensi Susun, Anak TunagrahitaRingan 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya