Abstract :
Pada penelitian initerdapat permasalahan yaitu kurangnya kemampuan siswa dalam memanajemen waktuantara berorganisasi dan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mencari danmenganalisis data mengenai pengaruh keaktifan berorganisasi dan disiplin belajarterhadap prestasi belajar pengurus OSIS SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo denganpendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 62 siswa. Denganmenggunakan sampel jenuh sebanyak 42 siswa. Instrumen yang digunakan adalah dengan melakukanobservasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Menggunakan teknik analisisdata uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, ujiautokorelasi, uji liniearitas, regresi linear berganda, uji t, uji f, dandeterminasi. Berdasarkan analisis data menggunakan program SPSS 16.0 diperolehpersamaan regresi linear berganda Y= 27,531 + 0,188 X1 + 0,218 X2. Keaktifan organisasimemiliki pengaruh positif secara parsial terhadap prestasi belajar pengurusOSIS dengan nilai sig < 0.05 atau 0.15 < 0.05 dengan T hitung 2,494,disiplin belajar memiliki pengaruh positif secara parsial terhadap prestasibelajar pengurus OSIS dengan nilai sig < 0.05 atau 0.39 < 0.05 dengan T hitung 2,101. Secara bersama-samakeaktifan belajar dan disiplin belajar memiliki pengaruh positif dan signifikansecara simultan terhadap prestasi belajar pengurus OSIS dengan nilai sig<0.05 atau 0.028<0.05. Persentase keaktifan berorganisasi dan disiplinbelajar terhadap prestasi belajar pengurus OSIS sebesar 16,8%.