DETAIL DOCUMENT
Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Materi Segiempat di Kelas VII
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
RADITYA BAGUS GILANG PRADANA (STUDENT ID : 157785032)
(LECTURER ID : 0004125703)
Subject
Pascasarjana 
Datestamp
2022-12-23 14:41:34 
Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitianeksperimen yang diawali dengan penelitian pengembangan. Adapuntujuan dari penelitian ini adalah (1) Menjelaskan prosesdan hasil dari perangkat pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) pada materi segiempat dikelas VII yang berkualitas baik (2) Mendeskripsikankeefektifan pembelajaran kooperatif tipe studentteam achievement division (STAD) pada materi segiempat di kelas VII. (3) mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar menggunakanpembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada hasil belajar siswa yangdiajar menggunakan pembelajaran konvensional pada materi segiempat kelas VII. Pengembanganperangkat pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model 4D. Perangkatpembelajaran yang dihasilkan berupa: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP), (2) Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB).Populasi dan sampel dari penelitian iniadalah siswa kelas VII . Dari delapan kelas yang ada, diambil dua kelas yangdigunakan sebagai sampel. Dua kelas dipakai sebagai kelas eksperimen dan kelaskontrol. Sedangkan pemilihan kelas untuk uji coba, dilakukan pada satu kelasyang lain. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran kooperatiftipe Student Teams Achievement Divisions(STAD) dan pada kelas kontrol diberikanperlakuan pembelajaran konvensional.Berdasarkan hasil uji coba perangkat,diperoleh perangkat pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang baik karena dinyatakan baik dan valid oleh paravalidator serta memenuhi syarat: (1) kemampuan guru mengelola pembelajaranberkriteria baik, (2) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran efektif, (3)ketuntasan belajar secara klaiskal tercapai, (4) respon siswa terhadap komponenbelajar positif, (5) tes hasil belajar memenuhi kriteria valid, reliabel, dan sensitive,sehingga tidak perlu dilakukan revisi lagi pada tahap uji coba.Sedangkanhasil penelitian pada kelas eksperimen berdasarkan analisis deskriptif diperoleh hasil bahwamodel pembelajaran kooperatif tipe StudentsTeams Achievement Divisions (STAD)efektif untuk digunakan dalam mengajarkan materi segiempat. Hal ini dikarenakansyarat-syarat keefektifan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) telah terpenuhi, antara lain: (1) Ketuntasan belajar secaraklasikal 80%, (2) Kemampuan guru dalammengelola pembelajaran memenuhi kriteria minimal baik,(3) Aktivitas siswaselama proses pembelajaran memenuhi kriteria baik, (4) Respon siswa terhadappembelajaran adalah positif. Sedangkan berdasarkan analisis statistikinferensial dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang mengikutipembelajaran kooperatif tipe StudentTeams Achievement Divisions (STAD)lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajarankonvensional untuk materi segiempat di kelas VII. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya