DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN PENILAIAN ELEKTRONIK PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN SKILL MENULIS SISWA KELAS X
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Anis Faridah Mukhsinah (STUDENT ID : 16020084068)
(LECTURER ID : 0016097804)
Subject
Bahasa dan Seni 
Datestamp
2022-12-23 14:42:56 
Abstract :
Menulis telah diketahui sebagai salah satu skill yang menghasilkan produk dalambelajar berbahasa Inggris. Menurut Brown (2007), menulis tidak hanya mengenai bagaimanasiswa meletakkan kata-kata pada kertas, tetapi juga menggabungkan ide-ide untuk mengajak,memberikan informasi, dan mengenalkan kepada para pembaca. Oleh karena itu, guru-guruperlu menyediakan metode yang tepat untuk melibatkan dan membingbing siswa dalamproses menulis. Maka dari itu, kombinasi dari teknologi dan penilaian untukmengembangkan kemampuan siswa dalam menulis sangat diperlukan. Hanya saja, dalampenelitian ini hanya berfokus kepada penggunaan elektronik portofolio dalam penilaian gunauntuk mengembangkan skill menulis siswa. Penelitian ini menggunakan teknik quasieksperimental sebagai metode pengambilan data yang mempunyai 68 peserta. Peserta dibagimenjadi dua grup yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Instrumen yang digunakanadalah pre-test dan post-test guna untuk mengetahui pengembangan yang signifikan didalamkemampuan menulis siswa setelah menggunakan elektronik portofolio sebagai penilaian.Lalu, data yang didapat dianalisis menggunakan Wilcoxon signed-rank test dan MannWhitney U didalam aplikasi SPSS edisi ke 24 karena data tidak terdistribusi normal.Berpindah ke hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kedua grup mempunyai peningkatandalam nilai post-test. Namun, grup eksperimen mempunyai nilai yang lebih besar dibandinggrup control. Selain itu, perbandingan antara dua grup juga menunjukkan perbedaan yangsignifikan. Dalam kata lain, penggunaan portfolio yang menggabungkan teknologi danpenilaian dapat membantu siswa untuk mengembangkan skill menulis siswa. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya