DETAIL DOCUMENT
Kelayakan Bahan Motivasi Peserta Didik(BMPD) untukPembelajaran Kimia SMA Kelas XI Semester II
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
ZHILLA AFIFATUL UKRIMA (STUDENT ID : 16030194027)
(LECTURER ID : 0020066003)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:44:28 
Abstract :
Penelitianini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan Bahan Motivasi Peserta Didik(BMPD) pada pembelajaran kimia Kelas XI Semester II. Metode pengembanganmengikuti model pengembangan Analyze,Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Kriteria kelayakan yang digunakan yaitu validitas, kepraktisan dan efektivitas.Skor yang diberikan pada setiap penilaian validitas ditentukan dengan modusskor penilaian pada setiap kriteria penilaian kemudian di analisis menggunakanmetode deskriptif kuantitatif dengan Skala Likert. Penentuan adanya kesepakatanantar penilai dalam memberikan skor menggunakan persamaan percentage of agreement. Berdasarkan hasil penilaian validitas,kepraktisan, dan efektivitas diperoleh delapan dari sembilan BMPD yangdikembangkan telah memenuhi kriteria syarat kelayakan. Setiap indikator BMPDsebagai pemotivasi memperoleh penilaian dari validator dengan modus (Mo)minimal 4 pada rentang skor 1-5 dengan nilai percentage of agreement antar validator di atas 75%. Delapan darisembilan BMPD dinyatakan memenuhi syarat kepraktisan dan efektivitas karenapada setiap indikatornya memperoleh penilaian dari responden dengan modus (Mo) minimal 3 pada rentang skor1-4 dengan nilai percentage of agreement(R) antar responden di atas 75% sehingga dapat dinyatakan layak dalam membangun motivasi peserta didikdan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran kimia.Kata Kunci: Bahan MotivasiPeserta Didik (BMPD), ADDIE, Pembelajaran Kimia. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya