Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
ULFA NUR AFIFAH (STUDENT ID : 17030194033)
(LECTURER ID : 0015076503)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Datestamp
2022-12-23 14:45:08
Abstract :
Perkembangan paradigma pendidikan di abad ke-21 menekankan pada pembelajaran berorientasi keterampilan berfikir tingkattinggi salah satunya adalah keterampilan metakognitif. Penelitian ini bertujuanuntuk meningkatkan keterampilan metakognitif pesertadidik pada materi laju reaksi melalui model pembelajaran inkuiri terbimbingberbasis blended learning. Desain penelitian yang digunakan adalah One-GroupPretest-Posttest Design.Penelitian ini dilakukan di kelas XI MIPA 5 SMAN 2 Pamekasan. Data diperolehdengan instrument lembar pengamatan keterlaksanaan model pembelajarandan aktivitas peserta didik sertalembar test keterampilan metakognitif. Analisis data dilakukan secaradeskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) modelpembelajaran inkuiri terbimbing terlaksana dengan baik dengan rata-ratapersentase keterlaksanaan fase 1 sebesar 94.88%, fase 2 sebesar 100%, fase 3sebesar 97.92%, fase 4 sebesar 98.44% dan fase 5 sebesar 96.88%, 2) Aktivitassiswa yang terlibat aktif dalam pembelajaran dengan model inkuiri terbimbingdengan persentase aktivitas yang relevan 87.41% dan persentase aktivitas yangtidak relevan sebesar 12.59%, serta 3) Keterampilan metakognitif peserta didikmengalami peningkatan ditinjaudari rentang n-gain yakni 0,53 0,62 dengan kategori sedang. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis blendedlearning efektif untuk meningkatkan keterampilan metakognitif peserta didik.