Abstract :
Peneliti melakukan riset dengan mengunjungi salah satu TK yang ada di Malang, uniknya Taman Kanak-Kanak ini mengajarkan bahasa Jerman sebagai salah satu bahasa asingnya berdampingan dengan bahasa inggris. Peneliti tentu ingin tahu tentang apa saja yang diajarkan disini mulai dari metode hingga materi pembelajarannya. Setelah dilakukan penelitian, diketahui bahwa kendala dalam pembelajaran bahasa Jerman adalah media pembelajaran yang terbatas. Karena tidak ada buku yang khusus memuat materi untuk pembelajaran bahasa Jerman bagi anak usia dini.Berdasarkan permasalahan itu, peneliti lalu membuat suatu media pembelajaran berupa kamus bergambar. Media ini mencakup materi-materi yang ringan untuk diajarkan kepada anak-anak. Berisi materi angka, warna, diri sendiri, keluarga, transportasi serta hewan. Diharapkan dengan menggunakan buku ini bermanfaat bagi guru untuk mempermudah proses pengajaran. Serta bermanfaat bagi murid agar mereka semakin tertarik dan menjadi mudah dalam belajar bahasa Jerman.Dalam proses pembuatan buku ini, peneliti menggunakan dasar teori penelitian pengembangan. Sedangkan untuk penilaian media, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan hasil dari validasi materi dan mediaSetelah melalui proses validasi media, diketahui bahwa media buku bergambar layak untuk digunakan sebagai media penunjang pembelajaran bahasa Jerman bagi anak usia dini. Dilihat dari hasil validasi yang diberikan oleh para validator dengan presentase 85% sehingga menunjukkan kriteria Sangat Kuat.Kata kunci : Buku bergambar, pembelajaran bahasa Jerman, anak usia dini