DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Kompetensi Dasar Perdagangan Internasional Kelas XI MIPA SMAN 1 Sidayu Gresik
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
ENI ISMAWATI (STUDENT ID : 15080554057)
(LECTURER ID : 0012017905)
Subject
Ekonomi 
Datestamp
2022-12-23 14:44:26 
Abstract :
Penelitian ini memilikitujuan untuk menganalisis (1)kelayakan Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan berpikir kritis, (2) Respon peserta didik terhadap Lembar KegiatanPeserta Didik (LKPD) berbasis problembased learning untuk meningkatkan bepikir kritis peserta didik, (3) efektifitasLembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis problem based learning sebagai bahan ajar yang dikembangkan.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan media pembelajaran Lembar KegiatanPeserta Didik. Jenispengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan modelpengembangan 4-D Thiagarajan, Sammel dan Sammel yang terdiri dari define, desain, development, dan dissemination. Pengumpulan datadiperoleh dari hasil validasi kelayakan bahan ajar serta materi, hasil dari pretest dan posttest, dan hasil respon peserta didik terhadap penerapan bahanajar.Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi kelayakan materimemperoleh rata-rata presentase sebesar 81%, untuk hasil validasi kelayakan kegrafikanmemperoleh rata-rata presentase sebesar 100%, hasil validasi kelayakan Bahasapada seluruh aspek memperoleh rata-rata prosentase sebesar 91%, sedangkan hasilvalidasi evaluasi memperoleh rata-rata prosentase sebesar 76%. Berdasarkan angket responsiswa yang sudah diberikan menunjukkan presentase sebesar 81%. Untuk hasil pretestdan posttest siswa terhadap lembarkegiatan peserta didik mencapai ketuntasan dari 6% naik menjadi 76% dengan hasil N-Gain sebesar 0,7 berkategori sedang. Hal tersebutmenunjukkan bahwa pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didikberbasis Problem Based Learning pada Kompetensi Dasar Perdagangan Internasional dapat meningkatkan berpikir kritis dan layakdigunakan. Katakunci: Lembar Kegiatan PesertaDidik, Problem Based Learning, dan Berpikir Kritis 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya