DETAIL DOCUMENT
Implementasi Pathfinding dengan Algoritma A* padaAplikasi Indoor Navigation MenggunakanUnity Navmesh
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
MUHAMMAD IQBALUL HIDAYAT (STUDENT ID : 17051204011)
(LECTURER ID : 0025016903)
Subject
Teknik 
Datestamp
2022-12-23 14:48:51 
Abstract :
Saatini sistem indoor navigasi sudah banyak diterapkan dan dikembangkan di beberapatempat mengingat banyaknya gedung yang memiliki ratusan ruangan. Sistem indoornavigasi saat ini banyak dimanfaatkan sebagai pengganti GPS yang tidak dapatbekerja secara optimal apabila berada di dalam ruangan, biasanya sistem indoornavigasi ini bekerja dengan cara memanfaatkan wifi pada sebuah gedung untukmenentukan posisi pengguna sehingga sistem dapat mencarikan rute terbaik menujulokasi yang ingin pengguna tuju. Namun, sistem tersebut masih tidak dapatmenampilkan posisi yang detail didalam ruangan dan interaksi pengguna denganaplikasi masih berupa peta dengan susunan ruangan dua dimensi. Maka dibuatlahsistem indoor navigasi berbasis augmentedreality. Algoritma yang digunakan untuk penentuan rute dalam sistem iniadalah algoritma A* dan Unity Navmesh sebagai navigasinya. Pada penelitian ini,Studi kasus dilakukan di rumah penulis. Hasiluji akurasi pathfinding yang didapatkan pada penelitian ini menggunakanalgoritma A* dan Unity Navmesh yaitu mendapatkan ketepatan 100% dengan marginkesalahan rata- rata 0.226 meter dan kecepatan pencarian rute rata-rata 24,857mS. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya