DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
IFTITAH NURAINI (STUDENT ID : 18030654011)
(LECTURER ID : 0004077004)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:49:12 
Abstract :
Penelitianini bertujuan guna mendeskripsikan pengaruh model flipped classroom pada pembelajaran jarak jauh dengan materi sistemperedaran darah manusia guna meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitianyang diterapkan, yakni kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest.Subjek penelitian ini, yakni siswa kelas VIII-J SMPN 32 Surabaya berjumlah 30siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari metode tes, yakni pretest-posttest guna mengukur hasilbelajar siswa serta metode kuesioner terdiri dari angket respons siswa sertaketerlaksanaan pembelajaran. Temuan hasil penelitian ini, yakni adanya peningkatan hasil belajar siswa denganmenerapkan model flipped classroompada pembelajaran jarak jauh dengan materi sistem peredaran darah manusiaditinjau dari perolehan N-Gain dengankategori tinggi. Kesimpulan yang diambil, yakni model pembelajaran flippedclassroom pada pembelajaran jarak jauh mempunyai pengaruh signifikan guna memaksimalkanhasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah manusia. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya