Abstract :
Abstrak Penggunaan buku ajar siswaberbasis inquiry learning berbantuan software EKTS merupakan salah satulangkah yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan daripengembangan buku ajar ini adalah untuk mengetahui validitas buku ajar siswa, untuk mengetahuikepraktisan buku ajar siswa ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran danrespon siswa, serta untuk mengetahui keefektifan buku ajar siswa ditinjau dariketuntasan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development (R&D), dengan langkah penelitian: (1)potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasiproduk, (5) revisi produk, (6) ujicoba produk, dan (7) analisis dan pelaporan. Pada penelitian ini rancangan uji coba yangdigunakan adalah desain Pretest-Posttest. Uji coba buku ajar siswa dilakukan pada siswa kelas XITITL 2 SMKN 2 Lamongan sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa tingkat kelayakan bukuajar siswa berbasis inquiry learning berbantuan software EKTS ditinjau dari aspekkevalidan dinyatakan sangat valid untuk digunakandengan persentase rating sebesar 92,5%. Aspek kepraktisan ditinjau dari respon siswadinyatakan sangat praktis dengan persentase rating sebesar 94% dan kepraktisan ditinjaudari keterlaksanaan pembelajaran sangat praktis dengan persentase ratingsebesar 98%. Selanjutnya aspek keefektifanbuku ajar dilihat dari hasil belajar ranah kognitif sangat efektif dengan hasil signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,00 yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan pencapaianhasil belajar pengetahuan peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran menggunakanbuku ajar siswa tersebut, keefektifanbuku ajar dilihat dari hasil belajar ranah afektif dinyatakan sangat efektif dimana peserta didiktuntas dalam hasil belajar sikap sosial dengan persentase rating sebesar 87,7%dan sikap spiritual dengan persentase rating sebesar 88,75%, keefektifan buku ajar dilihat dari hasil belajarranah psikomotor sangat efektif dimana berdasarkan analisis yang dilakukan di dapatkan hasil signifikansikurang dari 0,05 yaitu 0,00 yang menyatakan bahwa nilai hasil belajar siswa pada ranah keterampilan di atas KKM (75). Karena buku ajar siswa berbasis inquiry learning berbantuan software EKTS sangat valid, sangat praktis dan sangat efektifmaka sangat layak digunkan dalam pembelajaran di SMKN2 Lamongan. Kata Kunci: pembelajaran,buku ajar siswa, inquiry learning,hasil belajar IML.