DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUES PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
DIMAS GALIH KIRANA (STUDENT ID : 18030654068)
(LECTURER ID : 0004097710)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:49:08 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, kemampuan literasi sains siswa dan respons siswa terhadap pembelajaran berkonteks Socio-scientific issues pada materi pencemaran lingkungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-experimental design dengan rancangan penelitian one group pretest-postest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sidoarjo berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode tes, dan metode angket. Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar tes literasi sains siswa, dan lembar angket respons siswa. Teknik analisis data pada keterlaksanaan pembelajaran adalah deskriptif kualitatif. Analisis hasil tes literasi sains dilakukan dengan deskriptif kuantitatif. Analisis dimulai dengan menghitung nilai pre-test dan post-test melalui analisis gain ternormalisasi, mean dan standar deviasi, uji normalitas, hingga uji-t. Analisis hasil angket respons siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 3,46 dengan kategori baik. Skor rata-rata kemampuan literasi sains siswa pada pre-test 36,63 sedangkan post-test 62,5 dengan adanya peningkatan kemampuan literasi sains siswa yang ditandai oleh nilai N-Gain sebesar 0,41 berkategori sedang. Siswa merespons positif pembelajaran berkonteks Socio-scientific issues pada materi pencemaran lingkungan dengan persentase 96%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran berkonteks Socio-scientific issues pada materi pencemaran lingkungan dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.Kata kunci : Literasi sains, Socio-scientific issues, dan Pencemaran lingkungan 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya