Abstract :
ABSTRAK Supardi. 2023. PenggunaanMedia Doodle Artistik Dalam Mengembangkan Motorik Halus Dan Seni PadaAnak Kelompok B Di TK Tunas Bangsa Sukodono Sidoarjo. Tesis, Program StudiS2 Pendidikan Dasar Konsentrasi PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan UniversitasNegeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Hendratno, M.Hum.,dan (2) Dr. Sri Setyowati, M.Pd. Kata Kunci: Media DoodleArtistik, Motorik Halus, Seni Penelitianpenggunaan media doodle artistik ini berfokus pada pengembangan motorikhalus dan seni yang bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan media doodleartistik pada anak kelompok B di TK Tunas Bangsa Kecamatan Sukodono KabupatenSidoarjo. Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi awal yang menunjukkankurang efektifnya guru menggunakan media pembelajaran, sehingga dalam kegiatanmenggambar dan mewarnai kurang diminati anak. Penelitiandilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yangmenggambarkan data dalam bentuk analisis yang bersifat narasi, dan deskripsiperkembangan yang akan dikembangkan adalah aspek perkembangan motorik halus danseni pada anak kelompok B di TK Tunas Bangsa sebanyak 15 anak. Tehnikpengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperkuathasil penelitian. Hasilpenelitian di TK Tunas Bangsa Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo ditemukanpada kegiatan menggambar dan mewarnai pada anak kelompok B dalam menggunakanmedia doodle artistik menarikminat anak dalam menggores objek dari pola geometri dan menyusun tekstur aneka warnahingga menghasilkan karya doodle yang indah. Penelitian ini diharapkandapat memanfaatkan media doodle artistik sebagai media pembelajaran yangefektif dalam kegiatan menggambar dan mewarnai di Satuan Pendidikan dan menjadisumber referensi bagi peneliti lain untuk menggunakan dan mengembangkan media doodleartistik menjadi lebih menarik.