DETAIL DOCUMENT
Penggunaan Teknik Mind Mapping dalam Pembelajaran Menulis Teks Recount di Sekolah Menengah Pertama
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
NAZHIFAH (STUDENT ID : 16020084064)
(LECTURER ID : 0025096703)
Subject
Bahasa dan Seni 
Datestamp
2022-12-23 14:48:58 
Abstract :
Abstrak Menulis adalahsalah satu dari empat kemampuan yang paling sulit dikuasai mengingat adabeberapa hal yang perlu diperhatikan. Selain melihat struktur kata yang tepatdan kosa kata yang efektif, siswa perlu meningkatkan minat menulis pada dirimereka sendiri. Karena akibat dari pandemi membuat siswa menjadi jarang menulisdan kemampuan menulis menurun. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengungkap penggunaan teknik mind mapping dalam pembelajaran menulis teksrecount pada sekolah menengah pertama. Jenis penelitian ini adalah deskriptifkuantitatif. Instrumen-instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian iniadalah lembar observasi, kuesioner, dan rubrik mind mapping. Hasil yang dapatditemukan di dalam penelitian ini adalah siswa lebih mudah membuat teks recountdengan membuat kerangka dari mind mapping terlebih dahulu. Melaluipemanfaatan teknik mind mapping dalam pembelajaran menulis teks recount, banyaksiswa yang memberikan respon yang baik. Kesalahan dalammembuat teks recount yang sering terjadi pada siswa tidak hanya terletak padastruktur kata dan kosakata, tetapi juga pada mekanik.Katakunci : Mind Mapping, Teks Recount, SekolahMenengah Pertama 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya