DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CLUSTER-BLENDED LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWAPADA MATERI REDOKS
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
ARISY ERWIN JUNAIDAH (STUDENT ID : 19070795020)
(LECTURER ID : 0005067105)
Subject
Pascasarjana 
Datestamp
2022-12-23 14:50:27 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan bahan ajar (silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dan kisi-kisi soal pretest-posttest) Cluster-blended learning untuk pembelajaran kimia pada materi reaksi oksidasi reduksi untuk kelas X IPA SMA. Validitas, kepraktisan dan keefektifan digunakan untuk menggambarkan kelayakan bahan ajar. Hasil analisis data validitas, kepraktisan, dan keefektifan menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi syarat dengan persentase reliabilitas lebih dari 75%. Oleh karena itu, bahan ajar Cluster-blended learning dinyatakan memenuhi kriteria validitas, praktis, efektifitas dalam kategori tinggi. Implikasinya, layak digunakan sebagai bahan ajar reaksi oksidasi reduksi untuk meningkatkan literasi sains siswa. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya