Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul dan perangkatpembelajaran jarak jauh berbasis PjBL pada materi tekanan zat untuk melatihkanketerampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian dilakukan pada 60 peserta didikSMP Sunan Giri Menganti. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yangmeliputi Define, Design,Develop, dan Desseminate. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu modul pembelajaranjarak jauh (PJJ) berbasis PjBL, silabus, RPP, dan soal tes keterampilanberpikir kreatif. Hasil pengembangan produk dinilai berdasarkan aspekkevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Berdasarkan hasil penelitian, kevalidanproduk yang dikembangkan pada silabus memperoleh persentase rata-rata sebesar85,5% dengan kategori sangat layak; RPP sebesar 92,8% dengan kategori sangatlayak; soal tes keterampilan berpikir kreatif memperoleh persentase rata-ratasebesar 83,3% dengan kategori sangat layak dan modul PJJ berbasis PjBLmemperoleh persentase sebesar 98,6% dengan kategori sangat layak. Dari aspekkepraktisan, produk dinilai dari hasil keterlaksanaan pembelajaran selama tigapertemuan. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran padapertemuan I, II, dan III diperoleh persentase rata-rata secara berturut-turutsebesar 98% sangat baik; 97% sangat baik dan 97% sangat baik. Aspek kepraktisanjuga dinilai berdasarkan respon peserta didik terhadap pembelajaran denganmemperoleh persentase rata-rata sebesar 91% dengan kategori sangat praktis. Kedua aspek juga didukung denganaspek keefektifan pembelajaran yang dilihat dari peningkatan keterampilanberpikir kreatif peserta didik dari hasil N-Gainscore sebesar 0,65 dengan kategorisedang dan juga dilihat dari hasil uji independentsample t test melalui SPSS 16 forwindows yang mana nilai Sig.(2-tailed)0.00<0.005 yang artinya terdapat perbedaan rata-rata N-Gain antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Selain itu,penilaian produk juga menunjukkan hasil yang baik dengan skor rata-rata sebesar81 dengan kategori baik. Sebesar 87% peserta didik membuat proyek dengankategori baik dan 13% dengan kategori sangat baik. Hasil akhir produk yangdikembangkan adalah valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilanberpikir kreatif.