Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Dea Fildzah Araminta (STUDENT ID : 17020504031)
(LECTURER ID : 0025087404)
Subject
Bahasa dan Seni
Datestamp
2022-12-23 14:47:21
Abstract :
Pada era sekarang iklan dirasa sangat penting untukkeberhasilan penjualan produk suatu perusahaan. Sehingga perusahaan dituntutmengemas suatu iklan secara menarik untuk menarik minat konsumen. Salah satunyadengan menggunakan kalimat yang singkat namun tetap tersampaikan isi ataumaksud iklan tersebut. Hal itu dirasa sangat cocok jika menggunakan konstruksireduksi, karena konstruksi tersebut dapat mempersingkat teks pada iklansehingga terbentuklah keefisienan dalam teks iklan. Fenomena tersebut terbuktiditemukan pada iklan Knorr, sebagian besar Knoor didapati adanya reduksi padaiklannya. Penggunaan reduksi oleh Knorr yang bervariatif juga menjadi latarbelakang penelitian ini dilakukan. Variasi reduksi tersebut perlu dianalisislebih dalam agar para pembaca dapat memahami intensi dari iklan tersebut dantidak menimbulkan salah pemahaman. Penelitian ini akan berfokus pada reduksi. Terkait dengan fokus tersebut, penelitian ini mendeskripsikankonstuksi reduksi yang ditinjau dari unsur kalimat yang mengalami pereduksian. Selain itu, penelitian in juga mendeskripsikan jenis reduksi dalam kalimat iklan tersebut. Adapun data yang diperoleh danyang di analisis berupa 8 kalimat pada iklan Knorr yang diunduh melalui akuninstagram resmi Knorr Deutschland. Penelitian ini dianalisis menggunakan teoriBenhard Sowinski (1999) tentang reduksi,Peter Gallmann (2009) tentang Weglassprobe dan jenis penyimpanan unsurkalimat, Christa Drscheid (2012)tentang Eliminierungstest.Berdasarkan penggunaan teori tersebut ditemukan hasil penelitian menunjukkanbahwa terdapat pereduksian bagian dari unsur kalimat berupa nomina, preposisi,adjektiva, artikel dan verba. Lalu ditemukan juga pereduksian yang berupanomina tetapi masuk pada jenis penyimpanan berupakata majemuk. Unsur kalimat yang mengalami reduksi memiliki fungsi yangberbeda-beda bergantung pada letak atau posisi penghilangan unsur kalimattersebut dalam kalimat serta pengurangan unsur kalimat tersebut berfungsi jugasebagai objek akusatif yang mengalami reduksi pada bagian kata benda, objekpreposisi yang mengalami reduksi pada bagian preposisi dan adjektiva atributifyang mengalami reduksi pada adjektiva atau kata sifat. Kata Kunci: reduksi, iklan, stilistika.