DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGANLKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUKMELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
AMNIAUL AIDA JAWADIYAH (STUDENT ID : 17030194062)
(LECTURER ID : 0015097203)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:46:45 
Abstract :
ABSTRAKPenelitian ini bertujuanmengembangkan LKPD berbasis Problem Based Learning untuk melatihkan keterampilanberpikir kritis pada materi larutan penyangga yang layak digunakan. KelayakanLKPD ditinjau dari validitas, kepraktisan dan keefektifan. Metodepenelitian yang dipakai adalah modelpengembangan 4-D (Define, Design,Develop, and Disseminate) akan tetapi hanya sampai tahap develop (pengembangan). Validitasditinjau dari validitas isi dan validitas konstruk yang meliputi kebahasaan,penyajian dan kegrafisan. Kepraktisan ditinjau dari respon serta aktivitaspeserta didik ketika pembelajaran menggunakan LKPD dan keterlaksanaan sintaksmodel pembelajaran. Keefektifan ditinjau dari peningkatan hasil tesketerampilan berpikir kritis peserta didik yang diujikan secara terbatas pada12 peserta didik di SMA Negeri 3 Sidoarjo. Data hasil penelitian dianalisis secaradeskriptif kuantitatif. Hasil validitas LKPD dinyatakan sangat valid denganpersentase validitas sebesar 88,28%. LKPD dinyatakan sangat praktis karenamendapatkan respon positif dengan persentase 92,36%, didukung denganketerlaksanaan sintaks model pembelajaran serta aktivitas peserta didik yangsangat baik. Hasil peningkatan keterampilan berpikir kritis dinyatakan dengann-gain score rata-rata 0,7 dengan kategori tinggi dan LKPD dinyatakan sangatefektif. Dilihat dari hasil validitas, kepraktisan dan keefektifan, LKPD yangdikembangkan layak digunakan.KataKunci : LKPD, ProblemBased Learning, Keterampilan Berpikir Kritis. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya