DETAIL DOCUMENT
Visualisasi Spasial Siswa kelas X MA Ditinjau dari Jenis Kelamin.
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
FARIDHOTUS SHOLIHAH (STUDENT ID : 16070785024)
(LECTURER ID : 0009046905)
Subject
Pascasarjana 
Datestamp
2022-12-23 14:41:36 
Abstract :
Visualisasispasial merupakan kemampuan yang digunakan dalam mempelajari dan menyelesaikansoal geometri. Penelitian ini meneliti empat komponen visualisasi spasialyaitu, membayangkan, merotasi, memanipulasi dan mentransformasi. Penelitian inimerupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian inibertujuan untuk mendeskripsikan visualisasi spasial siswa kelas X MA ditinjaudari jenis kelamin.Instrumen utamadalam penelitian ini adalah peneliti dan instrumen pendukung adalah teskemampuan matematika (TKM), tes visualisasi spasial 1 (TVS 1), tes visualisasispasial 2 TVS 2, dan pedoman wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2Kediri kelas X-MIPA 6 pada saat Semester Genap tahun ajaran 2018/2019. Dari 13kelas X MA pada sekolah tersebut dipilih secara purposive kelas X-MIPA 6 yangterdiri dari 20 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Seluruh siswa kelasX-MIPA 6 diberikan TKM, kemudian dari hasil TKM diambil dua siswa yaitu satusiswa perempuan dan satu siswa laki-laki dengan kemampuan matematika setaraserta memiliki kemampuan komunikasi yang baik sebagai subjek penelitian. Duasubjek penelitian diberikan tes visualisasi spasial yang kemudian dilanjutkandengan wawancara. Hasil jawaban tes visualisasi spasial dan hasil wawancaradianalisis untuk mendapatkan deskripsi visualisasi spasial siswa kelas X MAditinjau dari jenis kelamin.Hasilpenelitian menunjukkan bahwa pada komponen membayangkan objek siswa laki-laki melakukannyadengan membayangkan gambar dari informasi yang ada pada soal dan kemudianmenyatukannya menjadi suatu bangun geometri yang dimaksud tanpa bantuan objeklain. Pada komponen memanipulasi objek, siswa laki-laki mengubah bangungeometri yang diberikan dengan membayangkan bangun tersebut sama seperti suatuobjek nyata. Pada komponen merotasi objek, siswa laki-laki merotasi bangungeometri dengan membayangkan ada garis bantu yaitu sumbu x dan sumbu y padasalah satu bagian pada bangun tersebut. Pada komponen mentrasformasi objek,siswa laki-laki menyusun bangun dengan bantuan objek nyata.Siswa perempuanpada komponen membayangkan objek melakukannya dengan membayangkan gambar dari informasiyang ada dan kemudian menyatukannya menjadi suatu bangun geometri yang dimaksudtanpa bantuan objek nyata. Siswa perempuan menemukan bangun geometri yangdimaksud dengan pertimbangan bahwa bangun tersebut disusun atas beberapa balokdan untuk mengetahui bangun geometri yang dimaksud. Pada komponen memanipulasiobjek, siswa perempuan mengubah bangun geometri yang diberikan denganmembayangkan bangun tersebut secara keseluruhan dan kemudian ia menghitungbanyaknya bangun datar. Setelah itu, siswa perempuan memperhatikan polanya dankemudian membandingkan dengan banyaknya bangun datar yang telah dihitung tadihingga akhirnnya mendapatkan jaring-jaring dari bangun geometri yang dimaksud.Pada komponen merotasi objek, siswa perempuan memusatkan rotasi di salah satu bagian pojok kiri bawah dari bangun geometritersebut, kemudian membayangkan merotasi bangun tersebut dengan memutarnya kearah kiri. Pada komponen mentrasformasi objek, siswa perempuan melakukannya dengan membayangkan menumpuk kardus sesuai dengan informasiyang ada pada soal.  

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya