Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Wella Yekti Inkomara (STUDENT ID : 19030194040)
(LECTURER ID : 0020066003)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Datestamp
2023-09-01 01:22:44
Abstract :
Tujuan utama penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kelayakan lembar kegiatan peserta didik melalui model Argument Driven Inquiry untuk melatihkan keterampilan argumentasi peserta didik SMA pada materi larutan penyangga. Kelayakan lembar kegiatan peserta didik ditinjau dari tiga aspek yaitu validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Aspek validitas ditinjau dari validitas isi dan konstruk. Aspek kepraktisan ditinjau dari angket respons peserta didik dan observasi aktivitas peserta didik. Aspek keefektifan ditinjau dari hasil tes keterampilan argumentasi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE, yang dibatasi hingga tahap evaluasi formatif. Implementasi awal lembar kegiatan peserta didik ini dilakukan pada 16 peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Trensains Tebuireng Jombang. Hasil penelitian menunjukkan bahwakelayakan dari aspek validitas diperoleh hasil pada kriteria isi dan konstruk telah memperoleh modus penilaian dari tiga validator minimal 4. Kelayakan dari aspek kepraktisan diperoleh hasil bahwa persentase respons dan aktivitas peserta didik sebesar 61% dengan interpretasi sangat baik. Kelayakan dari aspek keefektifan diperoleh dari hasil tes keterampilan argumentasi peserta didik yang diuji dengan uji One Sample Test. Berdasarkan uji tersebut, diperoleh hasil bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat peningkatan skor antara sebelum dan sesudah penggunaan lembar kegiatan peserta didik yang dikembangkan.Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik, Argument Driven Inquiry, Keterampilan Argumentasi, Larutan Penyangga.