DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Media Computer Assisted Language Learning (Call) Materi Recount Text Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Choirul Muminin (STUDENT ID : 21070905017)
(LECTURER ID : 0026046703)
Subject
Pascasarjana 
Datestamp
2022-12-23 14:50:35 
Abstract :
ABSTRAKMuminin. C. 2021. Pengembangan Media Computer Assisted Language Learning (Call) Materi Recount Text BahasaInggris Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SiswaKelas VIII , Tesis,Program Studi Teknologi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya.Pembimbing: (I) Dr. Bactiar S.B, M.Pd., (II) Dr. AndiKristanto M.Pd.Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembanganyang bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran Computer AssistedLanguage Learning (CALL) mata pelajaran Bahasa Inggris materi Recount Text padasiswa di Mts Model Hasanudin. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswakelas VIII sebanyak 35 siswa. Peneliti melakukan preliminary study pada sekolahyang akan dijadikan tempat penelitian. Masalah yang terjadi siswa mengalamikesulitan dalam memahami materi pelajaran dikarenakan media dan metodepembelajaran yang digunakan oleh guru tidak sesuai dengan kondisi ideal yangseharusnya terjadi. Berdasarkan analisis dari potensi dan masalah yang ada,peneliti mengembangkan media (CALL) Computer Assisted Language Learning padamateri Recount Text.Penelitian dan pengembangan ini menggunakan modelDick and Carey (2001). Hasil yang diperoleh dari validasi kelayakan media padasegi isi diperoleh skor 81,48% memiliki kategori sangat layak dan pada segisajian media diperoleh skor 77,77 memiliki kategori cukup layak. Secarakeseluruhan validasi kelayakan media memperoleh skor 79,62% sehingga dapatdisimpulkan media yang dikembangkan termasuk dalam kategori layak. Pada tahapanuji perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar memperolehskor kelayakan yang tinggi. Berdasarkan data ketuntasan hasil belajar pesertadidik semuanya tuntas dalam mengerjakantugas dengan presentasi skor 97,14% pada Kompetensi Dasar 3.11 dan 4.11. Persentasekeefektifan media pembelajaran berdasarkan hasil belajar peserta sangat tinggi.Jika dicocokkan dengan tabel intepretasi skor, dapat dikatakan bahwa mediapembelajaran sangat efektif berdasarnilai hasil belajar peserta didik.Kata Kunci: PengembanganMedia, Computer Assisted Language Learning, Recount Text  

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya