Abstract :
ABSTRAKModel pembelajaran Learning Cycle 7E merupakan kumpulan dari rangkaian tahapan-tahapankegiatan belajar yaitu Elicit, Engagament, Exploration, Explanation,Elaboration, Evaluation, dan Extend.Setiap tahapan dari Learning Cycle 7E bertujuanuntuk memecahkan suatu permasalahan dengan cara penyelidikan, penemuan, dananalisa yang dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan daripenelitian ini adalah Menghasilkan LKPDberorientasi model Learning Cycle 7-E untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis pesertadidik pada sub materi perkecambahan bijipada kelas XII SMA yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan,dan keefektifan gunamenunjang proses pembelajaran di sekolah. LKPD yang dikembangkanmenggunakan desain penelitian model 4-D yaitu Define, Design, Develop, dan Dessiminate.Uji coba terbatas yang dilakukan pada 20 peserta didik kelas XII IPA 7 SMANegeri 16 Surabaya. Parameter dalam penelitian ini meliputi validitas yangdilihat dari hasil validitas para ahli, kepraktisan yang dilihat dari aktivitaspeserta didik, dan keefektifan yang dilihat dari hasil belajar, keterampilanberpikir kritis, dan respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkanvaliditas LKPD yang dikembangkan sebesar 3,65 dengan kategori sangat layak.Kepraktisan LKPD berdasarkan observasi aktivitas peserta didik mendapatkanhasil sebesar 94,58% untuk LKPD 1 dan 97,08 untuk LKPD 2, keduanyatergolong dalam kategori sangat praktis. Keefektifan yang dilihat dari hasilbelajar peserta didik mencapai peningkatan 90%, keterampilan berpikir kritispeserta didik mencapai 87%, dan respon peserta didik mencapai 96,67 dengankategori positif.Kata kunci : Lembar Kegiatan Pesertadidik (LKPD), Learning Cycle 7E, keterampilanberpikir kritis, perkecambahan biji.ABSTRACTLearningCycle 7-E is the collection of the steps in the learning process which haselicited, engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation, andextend. Each step of learning cycle model 7-E have the purpose to solve theproblems with investigating, finding, and analyzing in order to build studentscritical thinking. Therefore, the primary of this study is to produce LKPD thatis using learning cycle model 7-E in order to build students critical thinkingfor seed germination material in third grade of senior high school students. Inorder to produce LKPD by using learning cycle 7-E, 20 students of XII IPA 7SMAN 16 Surabaya are selected and the development of LKPD is using 4-D model.Those are defined, design, develop, and disseminate. Then, the measurement ofthis study includes validity from the other research which showed on thestudents activity, response, critical thinking, and the effectiveness of thelearning.Theresult of this study showed that the development of LKPD validity is 3,65 whichhas the proper categories. The practice of LKPD is based on the observation ofstudents activity that has 94,58% for the first LKPD and other is 97,08. Bothof them has a practical category. It can be seen from the result of thestudents learning that has development 90%, the critical thinking is 87%, andthe response of the participants is 96,67 which has a positive category.Keywords: Worksheet,learning Cycle 7E, critical thinking skills, seed germination