DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA LEARNING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN UNTUK MENCAPAI HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR INSAN MULYA DRIYOREJO GRESIK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
MUHAMMAD KARTIKA DEWANTORO (STUDENT ID : 19070905003)
(LECTURER ID : 0016046402)
Subject
Pascasarjana 
Datestamp
2022-12-23 14:47:29 
Abstract :
ABSTRAKKartika, Muhammad Dewantoro. 2021. Pengembangan Multimedia LearningMata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Mencapai HasilBelajar pada Siswa Kelas III di Sekolah Dasar Insan Mulya Driyorejo. Tesis,Program Studi Teknologi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya.Pembimbing: (I) Dr. Andi Mariono, M.Pd. dan (II) Dr. Fajar. Arianto, M.Pd. Kata-kata Kunci: pengembangan multimedia, multimedia learning,pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, gerak dasar lokomotor, hasil belajar. Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalahadanya kesenjangan antara kondisi ideal dan kondisi nyata. Kondisi ideal yangseharusnya siswa mampu pencapai tujuan pembelajaran, yaitu (1) Siswa mampumengidentifikasi prosedur gerak dasar lokomotor dan kombinasi gerak dasarlokomotor dengan benar, (2) Siswa mampu mempraktikkan prosedur gerak dasarlokomotor dan kombinasi gerak dasar lokomotor dengan benar, yang dilakukandengan pembelajaran jarak jauh secara mandiri. Pada prosedur gerak dasarlokomotor dan kombinasi gerak dasar lokomotor, siswa harus mengetahui danmemahami dengan benar prosedur dan prosesnya. Maka siswa masuh menggunakan mediapembelajaran yang memiliki karakteristik dapat menjelaskan suatu proses danprosedur gerakan pada materi gerak dasar lokomotor dan kombinasi gerak dasarlokomotor serta dapat digunakan untuk pembelajaran jarak jauh secara mandiri,sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Sedangkan kondisi nyata yang terjadi adalah (1) Pembelajaranjarak jauh yang dilakukan oleh sekolahan membuat siswa mengalami kesulitanbelajar mandiri pada materi gerak dasar lokomotor dan kombinasi gerak dasarlokomotor. (2) Belum tersedia media pembelajaran yang memiliki karakteristikdapat menyajikan dan menjelaskan proses dan prosedur prosedur gerakan padamateri gerak dasar lokomotor dan kombinasi gerak dasar lokomotor serta dapat digunakanuntuk pembelajaran jarak jauh secara mandiri, sehingga tujuan pembelajaranbelum tercapai. Sehingga perlu dipandang pengembangan multimedia learningmata pelejaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan materi kombinasi gerakberjalan, berlari, dan meloncat pada siswa kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaranberupa multimedia learning mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang layak untukdigunakan dan efektif untuk mencapai kemampuan aspek teori dan kemampuan aspekpraktik pada siswa kelas III Sekolah Dasar Insan Mulya Driyorejo Gresik. Metodepenelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reseach andDevelopment dengan model penelitian yang digunakan adalah modelpengembangan multimedia Lee & Owens (2004). Desain uji coba yang digunakanpada penelitian ini adalah Control Group Pre-Test Post-Test Desain. Melakukaneksperimen dengan dua kelompok yang telah dipilih secara random, yakni kelompokeksperimen dan kelompok kontrol. Dari penelitian ini didapatkan hasil, ujikelayakan pada ahli materi telah memenuhi kriteria kelayakan dengan kategorisangat baik pada kriteria kelayakan aspek isi materi, dan telah memenuhikriteria kelayakan oleh ahli media pada kriteria kelayakan aspek teknis danaspek view dengan kategori sangat baik. Sehingga media yang telah dikembangkanlayak d. Dari hasil uji coba produk pada subjek uji coba yang telah dilakukan, pencapaiankemampuan aspek teori pada kelas yang diselenggarakan pembelajaran menggunakanmedia (kelas eksperimen) mencapai tingkat ketuntasan belajar yang lebih tinggidaripada kelas yang diselenggarakan pembelajaran tanpa menggunakan media yangtelah dikembangkan (kelas control). Sehingga media yang telah dikembangkanefektif dapat mencapai kemampuan aspek teori dan mencapai kemampuan aspekpraktik pada siswa kelas III Sekolah Dasar Insan Mulya Driyorejo. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya