DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN DIARY WRITING DALAM MENGAJAR TEKS RECOUNT BAGI KELAS SEPULUH
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Ivana Wuri Yusridanova (STUDENT ID : 13020084029)
(LECTURER ID : 0025096703)
Subject
Bahasa dan Seni 
Datestamp
2022-12-23 14:44:52 
Abstract :
Abstrak Menulis buku harian dikenal berfungsi sebagai salahsatu cara dalam mengarahkan siswa untuk terus menulis karena akan jauh lebihmenarik. Semakin banyak mereka berlatih menulis, semakin baik merekamengembangkan keterampilan menulis mereka. A. Hanan et al. (2015) mengklaimbahwa buku harian dikenal sebagai aktivitas menulis harian yang mencatat semuajenis aktivitas dalam satu hari. Hal ini diketahui secara pribadi ditulis olehpenulis. Dalam hal itu, ada banyak manfaat yang akan didapat guru ketika merekamulai menggunakan menulis buku harian di kelas. Berhubungan dengan hal ini,peneliti akhirnya melakukan penelitian di mana itu mencakup bagaimana menulisbuku harian dilaksanakan untuk mengajar siswa kelas sepuluh dalam menulis teksrecount, bagaimana siswa melakukan keterampilan menulis mereka selamapelaksanaan penulisan buku harian, dan juga bagaimana siswa menanggapipenulisan buku harian itu. Untuk mendapatkan data, peneliti melakukan beberapalangkah untuk mendapatkan temuan yang dimulai dengan mengamati dan menganalisisproses belajar mengajar dengan menggunakan lembar observasi. Kemudian penelitimengumpulkan transkripsi dialog yang diekstrak dari pembicaraan antara siswadan guru, dan pembicaraan di antara siswa dengan menggunakan catatan lapangan. Selainitu, untuk membenarkan kemampuan menulis siswa, peneliti menilai danmenganalisis komposisi siswa menulis teks recount dengan menggali ke dalamaspek konten, organisasi, kosa kata, penggunaan bahasa dan mekanik. Akhirnya,untuk mengetahui bagaimana para siswa merespon keberadaan penulisan buku hariandi kelas, peneliti melakukan wawancara. Di sini, temuan menunjukkan bahwa:pertama-tama implementasi penulisan buku harian berjalan ke beberapa tahapmemperkenalkan apa itu teks recount, menunjukkan bagaimana menghasilkanparagraf yang baik dan akhirnya menunjukkan langkah-langkah dalam menulis bukuharian; kedua hampir setengah dari siswa dianggap penulis susu yang baiksementara sisanya membutuhkan lebih banyak latihan; dan terakhir setengah darisiswa menunjukkan reaksi positif terhadap pelaksanaan penulisan buku harian.Kata kunci: penulisan buku harian, keterampilan menulis, teks recount.  

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya