DETAIL DOCUMENT
PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENERAPKAN KOMPETENSI MANAJERIAL UNTUK MENDUKUNG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PASCA PANDEMI COVID-19
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
PUTRI AYU AJENG LUTFIYAH (STUDENT ID : 18010714012)
(LECTURER ID : 0008127605)
Subject
Ilmu Pendidikan 
Datestamp
2022-12-23 14:49:48 
Abstract :
Peran Kepala Sekolahdalam Menerapkan Kompetensi Manajerial untuk Mendukung Pelaksanaan PembelajaranPasca Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri1 Lamongan) ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kegiatan perencanaan,pengorganisasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, tindak lanjut, sertafaktor pendukung dan faktor penghambat perankepala sekolah dalam menerapkankompetensi manajerial untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran pasca pandemi covid19di SMK Negeri 1 Lamongan. Metode penelitianyang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studikasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, danstudi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolahdalam menerapkan kompetensi manajerial untuk mendukung pelaksanaan pembelajaransetelah adanya pandemi covid19 di SMK Negeri 1 Lamongan meliputi: (1) tahapanperencanaan, kepalasekolah melaksanakan rapat forum pimpinan untuk membahas isu-isu kebijakanpenyelenggaraan pembelajaran pasca pandemi covid-19 sebagai dasarpenyusunan program sekolah; (2) tahapan pengorganisasian, kepala sekolah menerapkan aturan dan penugasan yang disusun untukmeningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengintegrasian TIK dalam prosespembelajaran; (3) tahapan pelaksanaan pembelajaranpasca pandemi covid-19 meliputi pembelajaran daring dengan menggunakanplatform tertentu, penerapan pembelajaran luring secara bertahap dengan waktuterbatas, penerapan kurikulum SMK-PK (kurikulum baru yang disesuaikan denganpembelajaran pasca pandemi covid-19), dan penerapan program flippingclassroom; (4) tahapan pemantauan kepala sekolah memastikan pelaksanaan pembelajaran agar sesuai denganperencanaan dengan mengambil langkah supervisikelas; (5) tahapan evaluasikepala sekolah terbagi menjadi dua bentuk kegiatan, yaitu evaluasi harian dan evaluasi bulanan; (6)tahapan tindaklanjut kepala sekolah menyusun opsi perbaikan sesuaidengan kendala yang dihadapi sekolah pada pelaksanaan pembelajaran pascapandemi covid-19 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya