DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN APLIKASI MATHEMATICS MOBILE LEARNING PADA SMARTPHONE BERBASIS ANDROID DENGAN MATERI ARITMETIKA SOSIAL UNTUK SISWA KELAS VII SMP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
YUSRINA NUR AMALIA (STUDENT ID : 15030174068)
(LECTURER ID : 0001107206)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:39:00 
Abstract :
Minat yang besarterhadap penggunaan handphone khususnya jenis smartphone dapat dimanfaatkandalam bidang pendidikan dan mengingat pengguna internet paling banyak adalahanak-anak yang masih duduk di bangku sekolah maka pengembangan aplikasi untukmembantu penyelenggaraan pembelajaran atau yang dikenal sebagai mobile learningakan menjadi prospek yang baik.Tujuan dilakukanpenelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan danmenghasilkan aplikasi Mathematics MobileLearning pada Smartphone berbasisAndroid dengan materi pokok aritmetika sosial untuk siswa kelas VII SMP yangberkualitas baik. Aplikasi yang dikembangkan dikatakan baik apabila memenuhikriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini mengacu pada modelpengembangan menurut Plomp (2013) yang terdiri dari tiga tahap, yaitu (1) Tahapinvestigasi awal (preliminary research),(2) Tahap membuat prototype (Prototyping Phase), (3) Tahap Assesmen (Assesment Phase). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembarvalidasi aplikasi, lembar validasi tes kemampuan awal, lembar validasi teshasil belajar, lembar tes kemampuan awal, lembar tes hasil belajar dan lembarangket respon pengguna. Aplikasi yang dikembangkan diujicobakan secara terbataskepada enam siswa kelas VII SMP dengan sekolah yang berbeda.Hasil pengembanganaplikasi Mathematics Mobile Learningpada Smartphone berbasis Androiddengan materi pokok aritmetika sosial untuk siswa kelas VII SMP termasuk dalamkategori baik, karena memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi aplikasi yang dikembangkan dinyatakan validkarena memperoleh nilai rata-rata total 2.96 begitu pula dengan tes kemampuanawal memperoleh nilai rata-rata total validitas sebesar 3.03 dan tes hasilbelajar memperoleh nilai rata-rata total validitas sebesar 2.90. Aplikasi yangdikembangkan memenuhi kriteria praktis secara teoritis dan empiris, praktissecara teoritis karena aplikasi dinyatakan valid dari validator dan praktissecara empiris karena angket respon yang diisi oleh enam siswa diperolehtanggapan positif yaitu sebesar 81.5%. Berdasarkan kriteria kepraktisan media,maka dapat dinyatakan aplikasi sebagai media belajar dapat digunakan tanparevisi. Selain itu, apikasi yang dikembangkan juga memenuhi kriteria efektifkarena 6 dari 6 siswa mendapat nilai diatas KKM yang artinya persentaseketuntasan siswa 100% sehingga dapat dinyatakan bahwa aplikasi yangdikembangkan sangat efektif.Kata Kunci : Mathematics Mobile Learning, Aritmetika Sosial 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya