Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
A'YUN ROHMAH KUMALA (STUDENT ID : 14010684012)
(LECTURER ID : 0026088801)
Subject
Ilmu Pendidikan
Datestamp
2022-12-23 14:38:18
Abstract :
Disiplin menjadisalah satu nilai karakter yang harus ditanamkan kepada anak sejak dini karena membantu anak untuk berperilaku tertib dantaat pada peraturan. Kenyataan dilapangan, terdapat permasalahan disiplin di TK Islam Terpadu Al Ibrah Gresikyaitu sekolah yang memilikiaturan tertulis yang sama untuk dipatuhi seluruh anak, tetapi sikap disiplinyang terbentuk pada anak memiliki perbedaan. Permasalahan inilah yang menjadidasar penelitian untuk mengetahui faktor yang menyebabkan sikap disiplin yangberbeda pada anak.Tujuanpenelitian ini adalah mendeskripsikancara menanamkan disiplin dan hasilpenanganan disiplin pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Terpadu Al IbrahGresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknikpengumpulan data dilakukanmelalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Milesdan Huberman, yaitu reduksidata, penyajian data, dan penarikankesimpulan.Hasilpenelitian menunjukkan bahwa cara guru menanamkan disiplin pada anakdengan menjelaskan alasan dibalik aturan, mengingatkan anak ketika lupaterhadap aturan, memberikan rewardpada anak yang dapat bersikap lebih baik, memberikan konsekuensi pada anak yangtidak sesuai aturan dengan teguran atau hukuman, serta konsisten dalammelakukan kegiatan yang melatih kedisiplinan anak. Meskipun cara yang dilakukanguru sama, namun sikap disiplin anak berbeda-beda karena dipengaruhi olehbentuk disiplin yang diterapkan orang tua di rumah. Apabila bentuk disiplinyang diterapkan di rumah dan di sekolah sama, anak menjadi lebih mudah dalammenyerap dan melakukan kegiatan yang mendukung penanaman sikap disiplin. Kata Kunci: cara menanamkan disiplin,sikap disiplin anak