DETAIL DOCUMENT
Strategi Metakognitif yang Digunakan Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris dalam Penulisan Esai Argumentatif
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
WAHYU ARTIKASARI NUGRAHANI (STUDENT ID : 16020084073)
(LECTURER ID : 0025096703)
Subject
Bahasa dan Seni 
Datestamp
2022-12-23 14:47:30 
Abstract :
Menulis merupakan keterampilan bahasa yang sulitdicapai oleh mahasiswa. Dalam konteks Bahasa Inggris sebagai Bahasa asing,menulis lebih sulit karena mahasiswa perlu mempertimbangkan bahasa yang tepatuntuk mengekspresikan ide mereka dalam bahasa asing. Oleh karena itu, merekamenggunakan strategi menulis untuk membantu mereka memecahkan kesulitan menulistersebut. Namun, sedikit penelitian kualitatif telah dilakukan untuk mengeksplorasistrategi metakognitif yang digunakan oleh mahasiswa sarjana, terutama diJurusan Bahasa Inggris, dalam konteks Bahasa Inggris sebagai Bahasa asing.Dengan demikian, penelitian ini mencoba mendeskripsikan bagaimana mahasiswamenggunakan strategi metakognitif dalam menulis esai argumentatif mereka.Subjek penelitian ini adalah empat orang mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris darisalah satu perguruan tinggi negeri di Surabaya yang memiliki mata kuliah Expository and Argumentative Essay Writing.Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi terstruktur sehinggamahasiswa dapat dengan sukarela menguraikan jawabannya. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa mereka memiliki berbagai cara dalam menggunakan strategimetakognitif. Untuk strategi planning,semua mahasiswa menentukan topik esai mereka dan membaca beberapa sumber materisebelum mereka menyusun outline danmembuat outline, sedangkan salahsatunya juga menggunakan mapping.Untuk strategi monitoring, semuamahasiswa berusaha mengatur waktu mereka untuk menyelesaikan esai mereka danmembaca kembali esai mereka sebelum dan sesudah mereka menyelesaikannya untukmemastikan tujuan yang mereka tetapkan tercapai dan isi esai mereka terkaitdengan topik. Terakhir, untuk strategi evaluating,semua mahasiswa mendapat masukan dari dosennya dan beberapa dari mereka jugamencari masukan dari rekan-rekannya. Mereka juga mengevaluasi penggunaanstrategi mereka dan memutuskan untuk tetap menggunakannya meskipun mereka masihmengalami kesulitan dalam menulis. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya