Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
FAUZIYAH NAVIYATI (STUDENT ID : 17030654028)
(LECTURER ID : 0004077004)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Datestamp
2022-12-23 14:47:36
Abstract :
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untukmengetahui tingkat representasi keterampilan proses sains pada Buku SekolahElektronik IPA SMP kelas VII, VIII dan IX yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulumdan Perbukuan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatifdengan menggunakan coding system.Objek dalam penelitian ini adalah Buku Sekolah Elektronik IPA SMP kelas VII,VIII dan IX dengan kriteria buku Kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh PusatKurikulum dan Perbukuan dalam bentuk buku elektronik. Instrumen yang digunakanpada penelitian ini adalah lembar observasi yang digunakan untuk menganalisisketersediaan indikator keterampilan proses sains. Teknik yang digunakan untukmenganalisis data adalah teknik analisis isi. Hasil dari penelitian ini adalah indikator keterampilan proses sainsyang tersedia pada setiap buku berbeda. Pada ketiga buku tersebut, indikatoryang paling banyak ialah interpretasi data dengan rata-rata persentase 87,63%,kemudian merumuskan hipotesis dengan rata-rata persentase 8,26%, merancangeksperimen dengan rata-rata persentase 3,42% , dan untuk indikator merumuskanmasalah dengan persentase rata-rata 1,6%. Saran untuk penerbit adalah buku yang diterbitkan sebaiknya mengandung indikatorketerampilan proses sains terintegrasi dengan proporsi lebih banyak daripadaindikator keterampilan proses sains dasar sebagai pengenalan keterampilanproses sains di tingkat SMP sebelum menuju jenjang yang lebih tinggi. Kata Kunci : keterampilan proses sains, buku teks,interpretasi data