Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
PUPUT WANARTI RUSIMAMTO (STUDENT ID : 17071306004)
(LECTURER ID : 0007095207)
Subject
Pascasarjana
Datestamp
2022-12-23 14:48:32
Abstract :
Program StudiPendidikan Teknik Elektro yang lulusannya mencetak tenaga pendidik atauprofesional, harus membekali mereka dengan kemampuan yang dibutuhkan untukmenjadi guru SMK atau profesional di industri. Salah satu kemampuan yang harusdimiliki adalah kemampuan berpikir kritis (KB kritis) dan kemampuan bepikir kreatif(KB kreatif) dalam kompetensi pemrograman PLC (KPPLC). Untuk itu, dibuatlahpenelitian dengan tujuan: menganalisis validitas, kepraktisan dan efektifitas training kit PLC (TKPLC), perbedaanKPPLC antara mahasiswa yang menggunakan TKPLC dan simulasi, KPPLC mahasiswayang mempunyai KB kritis tinggi dan rendah, KPPLC mahasiswa yang mempunyai KB kreatiftinggi dan rendah, interaksi antara penggunaan TKPLC terhadap KB kritis dalamKPPLC dan interaksi antara penggunaan TKPLC terhadap KB kreatif dalam KPPLC.Penelitianini menghasilkan perangkat pembelajaran yaitu TKPLC, modul, instrumen KBkritis, KB kreatif dan KPPLC. Ujicoba dilakukan pada 80 mahasiswa yangmemprogram mata kuliah PLC dari 2 perguruan tinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain faktorial.Dibentuk 2 kelas yaitu kelas kontrol dengan perlakuan menggunakan simulasi dankelas eksperimen dengan perlakuan menggunakan TKPLC. Kelas kontrol terdiri dari114 mahasiswa dan kelas eksperimen terdiri dari 124 mahasiswa, semua dari 5perguruan tinggi di Jawa Timur.Hasil daripenelitian dijelaskan sebagai berikut. TKPLC valid dengan rata-rata indeksLikert sebesar 94,44%. Semua item respon mahasiswa reliabel dengan Alpha Cronbachs sebesar 0,637. Hasilperhitungan dengan skala Likert, diperoleh rata-rata indeks 85,1%, sehinggadikatakan praktis. Taraf signifikansi KB kreatif di bawah 0,05, artinya bahwanilai rata-rata KB kreatif lebih dari nilai lulus, yaitu 81,44. Dengan demikiandapat dikatakan bahwa media pembelajaran TKPLC efektif untuk digunakan dalamproses pembelajaran.Dari hasileksperimen diperoleh bahwa ada perbedaan KPPLC antara mahasiswa yangmenggunakan media pembelajaran TKPLC dan simulasi. KPPLC mahasiswa yangmempunyai KB kritis tinggi, lebihtinggi dibanding KPPLC mahasiswa yangmempunyai KB kritis rendah. KPPLC mahasiswa yang mempunyai KB kreatif tinggi,lebih tinggi dibanding KPPLC mahasiswa yang mempunyai KB kreatif rendah. Adainteraksi antara penggunaan TKPLC dan KB kritis terhadap KPPLC. Tidak adainteraksi antara penggunaan TKPLC dan KB kreatif terhadap KPPLC.