Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Iis Kurniawati (STUDENT ID : 15030174023)
(LECTURER ID : 0018048304)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Datestamp
2022-12-23 14:39:01
Abstract :
Salah satu kemampuan matematika yangdapat dimiliki siswa adalah literasi matematika. kecerdasan merupakan salahsatu faktor internal yang mempengaruhi literasi matematika, kecerdasan tersebutantara lain kecerdasan linguistik, kecerdasan logis-matematis, dan kecerdasanspasial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanliterasi matematika siswa berkecerdasan linguistik, berkecerdasanlogis-matematis, dan berkecerdasan spasial dalam menyelesaikan soal PISA kontenspace and shape. Literasi matematikayang dimaksud dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa untuk merumuskan,menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks masalahmatematika dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitiatif.Terdapat beberapa teknik pengumpulan data yaitu tes dan wawancara.Hasilpenelitian menunjukkan siswa berkecerdasan linguistik telah melalui beberapaproses, yaitu pada proses merumuskan telah mengidentifikasi aspek-aspekmatematika dalam permasalahan dan menerjemahkan soal ke dalam bahasa matematika.Pada proses menerapkan, telahmerancang strategi untuk menentukan solusi, menjabarkan langkah-langkah penyelesaianmenggunakan analisis data sesuai dengan strategi yang telah dirancang. Padaproses menafsirkan, subjek berkecerdasan linguistik telah menafsirkan kembalihasil penyelesaian yang diperoleh ke dalam konteks permasalahan dunia nyata danmenjelaskan alasan bahwa kesimpulan yang diberikan sudah benar.Siswa berkecerdasan logis-matematis telah melalui beberapa proses, yaitu padaproses merumuskan, telah mengidentifikasi aspek-aspek matematika dalampermasalahan dan menerjemahkan soal ke dalam bahasa matematika. Pada proses menerapkan, telah merancang strategi untukmenentukan solusi dan menjabarkan langkah-langkah menemukan solusi matematikadengan analisis data yang rinci, detail, dan sistematis. Pada proses menafsirkan,telah menafsirkan kembali hasil penyelesaian yang diperoleh ke dalam kontekspermasalahan dunia nyata namun tidak menuliskan di lembar jawaban danmenjelaskan bahwa semua kesimpulan yang diberikan sudah sesuai denganpermasalahan.Siswa berkecerdasan spasial telah melalui beberapa proses, yaitu padaproses merumuskan, telah mengidentifikasi aspek-aspek matematika dalampermasalahan dan menerjemahkan maksud dari semua informasi penting yangdiperlukan dalam proses menemukan solusi. Pada proses menerapkan, telah merancang strategi untukmenentukan solusi dan kurang dapat menjelaskan konsep matematika yangdiperlukan selama proses menemukan solusi. Pada proses menafsirkan, telah menafsirkan kembali hasilpenyelesaian yang diperoleh ke dalam konteks permasalahan dunia nyata namuntidak menuliskan di lembar jawaban serta menjelaskan bahwa semua kesimpulanyang diberikan sesuai dengan permasalahan.