DETAIL DOCUMENT
Studi Literatur: Peran Guru Untuk Pelayanan Pendidikan Seks RemajaTunagrahita
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
RAISKA RAHIM YUNIAR (STUDENT ID : 18010044022)
(LECTURER ID : 0009046309)
Subject
Ilmu Pendidikan 
Datestamp
2022-12-23 14:50:08 
Abstract :
Pelayanan pendidikan seks dipandang sebagai salah satu kebutuhan yang perlu diberikan kepada remaja, terlebih saat memasuki usia pubertas,tanpa terkecuali remaja tunagrahita.Pemberian layanan pendidikan seks pada remaja tunagrahita penting untuk menghindarkan remaja tunagrahita dari pelecehan dan perilaku seksual yang menyimpang. .Guru berperan penting dalam pelayanan pendidikan seks tunagrahita karena memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk pelayanan pendidikan seks remaja tunagrahita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji peran guru dan bentuk layanan pendidikan seks yang diberikan pada remaja tunagrahita. Metode yang digunakan kajian literatur yang diperoleh dari 10 jurnal dengan fokus bahasan tentang materi pelayanan pendidikan seks meliputi mengenal bagian tubuh laki-laki dan perempuan, menjaga kesehatan alat reproduksi, mengenal batasan pertemanan dan cara mengekspresikan rasa suka pada lawan jenis dengan teknik pengumpulan data dokumentasi. Hasil analisis kajian literatur menunjukkan empat hal utama yang perlu guru perhatikan dalam melakukan pelayanan pendidikan seks remaja tunagrahita yaitu penggunaan media, pemilihan topik materi, peran yang guru kaitkan selama pelayanan pendidikan seks, dan kendala yang dihadapi dalam pelayanan pendidikan seks. Artinya bahwa guru memiliki peran yang beragam dalam pelayanan pendidikan seks diantaranya sebagai informator, organisator, motivator, inisiator, dan fasilitator. Bentuk pelayanan pendidikan seks beragam, mengintegrasikan melalui mata pelajaran agama, pramuka, program bina diri dan kelas tambahan.Kata Kunci: Peran guru, Pendidikan Seks, Remaja Tunagrahita 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya