Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
ZARA DIVA PARAMATATWA (STUDENT ID : 18010014061)
(LECTURER ID : 0002098101)
Subject
Ilmu Pendidikan
Datestamp
2022-12-23 14:50:04
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiefektivitas penggunaan teknik disputeirrational beliefs untuk meningkatkan self efficacydalam pemilihan karier siswa SMA. Penelitian dilakukandengan menggunakan pendekatanpenelitian kuantitatif, dengan jenispenelitian pre-eksperimental design dan rancangan penelitian one group pretest posttest. Sampel yang digunakan adalah 6 siswadengan skor Self Efficacy terendah, diambil dari populasiseluruh siswa kelasXI SMAN 1 Sambit. Teknikpengumpulan data menggunakan angket yang disebarkanmelalui Google Form. Analisis datamenggunakan Uji Wilcoxon, yangsetelah dianalisis didapatkan data terjadi peningkatan yang signifikan padaskor pretest terhadap posttestsetelah mendapatkan perlakuan berupa konseling kelompok teknik dispute irrational beliefs. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulanbahwa teknik dispute irrational beliefs efektifdigunakan untuk meningkatkan self efficacy pada siswa dengan caramematahkan irrational belief yangada. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensidalam mengatasi masalahterkait.