Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
ANIS NORAWATI (STUDENT ID : 13030174056)
(LECTURER ID : 0009046905)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Datestamp
2022-12-23 14:44:50
Abstract :
Literasi matematismerupakan kecakapan individu dalam merumuskan, menerapkan, dan menafsirkanmatematika ke dalam berbagai konteks. Literasi matematis setiap siswa dapatdipengaruhi oleh salah satu faktor internal yaitu gaya belajar Kolb. Gayabelajar Kolb terdiri dari empat macam, yaitu akomodasi, divergen, asimilasi,dan konvergen. Penelitian inimerupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan literasi matematis siswa dalammenyelesaikan soal PISA pada konten spaceand shape berdasarkan gaya belajar Kolb. Teknik pengambilan data ini denganangket, tes dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari empat siswa yangmasing-masing memiliki gaya belajar akomodasi, divergen, asimilasi, dankonvergen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa akomodasi melaluiproses mengidentifikasi aspek penting dari permasalahan, menerjemahkan masalahke dalam bahasa matematika, menggunakan konsep matematika dan perkiraan untukmenemukan solusi, menafsirkan kembali hasil perhitungannya tetapi tidakmelakukan evaluasi kembali. (2) Siswa divergen melalui proses mengidentifikasiaspek matematika yang penting dari soal, kurang tepat dalam menerjemahkan masalahke dalam bahasa matematika, merencanakan dan menerapkan strategi menggunakanpercobaan langsung, menafsirkan kembali hasil perhitungannya dan tidakmengevaluasi kembali. (3) Siswa asimilasi melalui proses mengidentifikasi aspekpenting dari soal, menerjemahkan ke bahasa matematika dengan jelas, menggunakankonsep matematika dan menuliskan tahap demi tahap, menafsirkan kembali hasilperhitungannya dan mengevaluasi kembali. (4) Siswa konvergen melalui proses mengidentifikasiaspek-aspek penting dalam permasalahan soal, kurang tepat dalam menerjemahkanke dalam bahasa matematika, menggunakan konsep matematika dan percobaan langsung untuk menemukan solusi, menafsirkan kembalihasilnya dan tidak melakukan evaluasi kesesuaian jawaban.Kata Kunci: literasi matematis, konten space and shape, gaya belajar Kolb