Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
NOVITASARI (STUDENT ID : 18030184084)
(LECTURER ID : 0014127603)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Datestamp
2022-12-23 14:49:49
Abstract :
Penelitianini untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, serta kepraktisan sebuahpengembangan LKPD dalam upaya peningkatan ketrampilan literasi sains siswamenggunakan pembelajaran Argument-DrivenInquiry. Pengembangan LKPD yang digunakan pada penelitian ini adalah metodeADDIE. Tahap awal yaitu analisis kebutuhan LKPD perlu dikembangkan. Tahapperencanaan dilakukan penyusunan desain karakteristik LKPD mampu mengajarkanliterasi sains. Tahap pengembangan dilakukan pengembangan dan penyempurnaanproduk LKPD yang mampu diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Pada tahap inidilakukan validasi oleh tiga validator yang terdiri dari 2 dosen pendidikanfisika dan satu guru fisika. Rerata hasil validasi dari masing-masing validatorberturut-turut 93,93%, 92,49%, 92,02%. Sehingga rata-rata hasil validasimencapai 92,81% dikategorikan sangat valid. Pada tahap implementasi terbatasLKPD diterapkan pada 10 siswa kelas X SMA 1 Driyorejo. Pada tahap akhirevaluasi, diperoleh N-gain sebesar 0,78 yang dikategorikan tinggi dari hasilpretest dan posttest setelah pembelajaran menggunakan LKPD. Kepraktisan LKPDdidapatkan dari skor angket respon dan observasi. Dari angket respon didapatkan skor 90,72%, sedangkan dari observasididapatkan skor 90%. Maka dari hasil rerata didapatkan skor 90,36% yangdikategorikan sangat praktis. Berlandaskan hal tersebut, dapat disimpulkanbahwa pengembangan LKPD menggunakan pembelajaran Argument-Driven Inquiry memperoleh kategori valid, efektif, danpraktis dalam peningkatan ketrampilan literasi sains siswa pada materi hukumnewton.