DETAIL DOCUMENT
BENTUK-BENTUK ADAPTASI GURU TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 1 SIDOARJO SELAMA PANDEMI COVID-19
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
ADINDA ARLIN HUSNIYYAH (STUDENT ID : 17030654038)
(LECTURER ID : 0005067105)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:47:22 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanadaptasi guru dan faktor yang mempengaruhi implementasi KPS di SMPN 1 Sidoarjoselama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode multiple casestudies. Subjek penelitian ini adalah 3orang guru IPA dan 15 siswa dari SMPN 1 Sidoarjo. Instrumen penelitian terdiridari angket respon guru dan siswa, dengan teknik pengumpulan data yaituobservasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dianalisis secara deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan implementasi KPS olehmasing-masing guru. Ketiga guru mengubah RPP dan LKPD disesuaikan dengankondisi daring dan mencantumkan kegiatan KPS. Indikator KPS yang mampudiimplementasi dengan baik oleh ketiga guru adalah mengamati, mengukur,menginferensi, dan mengomunikasi, bahkan 1 dari 3 guru tersebut dapatmerumuskan hipotesis, identifikasi variabel, eksperimen, dan menafsirkan datahanya 1 guru yang mampu. Adaptasi KPS yang dilakukan oleh guru yaitu 1)meningkatkan kemampuan dalam menggunakan teknologi dengan aplikasi sebagaimedia pembelajaran yaitu google meet, YouTube, WhatsApp, google classroom; 2)kegiatan pengamatan melalui gambar/video dan pengamatan sederhana di rumahdengan alat dan bahan yang tersedia di rumah serta aman bagi siswa; 3)memberikan dan mengumpulkan penugasan secara online melalui google classroommaupun whatsapp atau dipresentasikan saat meet; 4) memberi stimulus berupapermasalahan menggunakan gambar/video untuk merumuskan hipotesis dan variabel,selanjutnya melakukan eksperimen serta menyajikan dan menganalisis data secaramandiri di rumah masing-masing. Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasiKPS saat daring yaitu waktu, kondisi dan keselamatan siswa. Hasil penelitianini digunakan sebagai masukan bagi seluruh guru IPA untuk berkoordinasimengenai pemilihan kegiatan KPS yang tepat agar seluruh indikator KPS dapatdiimplementasikan dengan optimal. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya