Abstract :
Penelitian inibertujuan untuk mendeskripsikan kalimat permintaan yang terdapat dalam iklanbahasa jerman Volkswagen Group yang berfokus pada bentuk kalimat permintaan menurutkajian stilistika sintaksis. Iklan memiliki peranan yangsangat penting bagi sebuah perusahaan dalam penjualan produk. Karena iklanmerupakan salah satu cara yang sangat efektif dalam pemasaran sebuah produk.Tidak hanya digunakan oleh beberapa perusahaan, iklan digunakan oleh hampirseluruh perusahaan di dunia sebagai salah satu cara dalam penjualan produk. Volkswagen Group merupakan salahsatu dari perusahaan multinasional otomotif terbesar di dunia yang berpusat diJerman. Perusahaan ini merancang, memproduksi, dan mendistribusikan kendaraankomersial, kendaraan penumpang, motor, mesin, dan turbomachinery. Selain itu,Volkswagen Group menawarkan layanan terkait, termasuk pembiayaan, leasing, danmanajemen armada. Volkswagen Group membuat iklan semenarik mungkin agar produkyang dijualnya mampu memikat perhatian para konsumen. Dalam iklan VolkswagenGroup memiliki kalimat-kalimat yang menarik, salah satunya adalah penggunaankalimat permintaan yang menjadi fokus dari penelitian ini. Sehingga kita mengetahui maksud dan tujuandari iklan yang dikeluarkan oleh Volkswagen Group. Sumber data penelitian ini adalahlaman website resmi Volkswagen dan laman iklan otomotif online berupa 5 kalimatiklan dengan jenis kalimat permintaan yang kemudian dianalisis secara deskriptifkualitatif menggunakan teori Ridwan (2017), Helbig dan Buscha (1996), dan Engel(1993). Hasil dari penelitian 5 data iklan menunjukkan bahwa seluruh kalimat iklanmerupakan kalimat permintaan. Kalimat permintaan yang digunakan dalam iklan VolkswagenGroup merupakan bentuk dari kalimat imperatif permintaan, kalimat permintaantersebut mengandung perintah di dalamnya. Dapat dikatakan bahwa permintaan dari penutur memilikiharapan dan perintah yang ditujukan kepada mitra tutur.Kata Kunci: Kalimat Permintaan, Iklan, Stilistika Sintaksis