Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
TSABITA HIMMA SYAFIULIA (STUDENT ID : 18010044071)
(LECTURER ID : 0009046309)
Subject
Ilmu Pendidikan
Datestamp
2022-12-23 14:50:13
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran STEAM untuk Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus di Tk Inklusif Pelangiku Jombang. Penelitian ini menggunakanmetode jenis kualitatif deskriptif. Pengumpulan datadilakukan melalui observasi di dukung dengan dokumentasi serta wawancara kepada kepala sekolah dan guru kelas. Analisisdata melaluitahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkanbahwa model pembelajaran STEAM menstimulasi aspek perkembangan kognitif, sosialemosional, dan fisik motorik anak usia dini berkebutuhan khusus bersamaanak reguler sebagai kelas heterogen.Disamping itu, Dalam pelaksanaannya model pembelajaran STEAM dikolaborasikan dengan pendekatanriset,proyek dan bermain. Demikian pula Dukungan media pembelajaran serta pendampingan guru berperan penting dalam pelaksanaan model pembelajaran STEAM. Simpulan penelitian ini bahwa, realisasi model pembelajaran STEAM di TK Inklusif pelangiku adalah menjadikan anak usia diniberkebutuhan khusus lebih kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif selama pembelajaran berlangsung. Kata kunci : PembelajaranSTEAM, Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus. Tk Inklusif Pelangiku