DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MODUL CONCEPTUAL CHANGE (MCC) BERBASIS MODEL MENTAL UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI PADA MATERI STRUKTUR ATOM
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
NURINA KUSUMA AYU PRATIWI (STUDENT ID : 16070795019)
(LECTURER ID : 0020066003)
Subject
Pascasarjana 
Datestamp
2022-12-23 14:39:26 
Abstract :
Pratiwi, Nurina Kusuma Ayu. 2019. Pengembangan Modul Conceptual Change (MCC) berbasisModel Mental untuk Mereduksi Miskonsepsi pada Materi Struktur Atom. Tesis.Program Studi Pendidikan Sains, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.Pembimbing: (1) Prof. Dr. Suyono, M.Pd., dan (2) Prof. Dr. Leny Yuanita, M.Kes.Kata-kata Kunci: modul conceptual change, model mental, persepsi, reduksi miskonsepsiMiskonsepsi memilikihubungan erat dengan model mental. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkanmodul conceptual change (MCC) berbasis model mental untuk mereduksi miskonsepsi(MK) siswa pada materi struktur atom. MCC yang dikembangkan sejumlah tiga modulyaitu MCC konsep orbital, konfigurasi elektron, dan tingkat energi elektron.Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Subjek penelitian adalah MCCyang dikembangkan. Subjek uji coba adalah siswa kelas X MIA SMAN 1 Bojonegoro yang telah memperolehpengajaran materi struktur atom, memiliki beban MK dan pada level persepsirendah berdasarkan tes pemahaman konsep dan tes pendeteksi penyebab miskonsepsi kimia berbasis model mental (P2M3). Datadianalisis secara deskriptif kualitatif dan statistik inferensial. Hasilpenelitian menunjukkan: (1) MCC berkategori sangat validpada validitas konstruk maupun validitas isi, (2) MCC telah praktis denganperolehan respon siswa sebesar 96%, (3) MCC secara signifikan menggeser statusMK menjadi tahu konsep (TK). Penurunan MK pada konsep orbital sebesar 79%, konsep konfigurasielektron sebesar 80%, dan konsep tingkat energi elektron sebesar 73%. Adapunperubahan MK menjadi TK, MK menjadi tidak tahu konsep (TTK), dan MK tetap MK,secara berturut-turut adalah 74%, 14%, dan 12% pada konsep orbital, sebesar75%, 14%, dan 11% pada konsep konfigurasi elektron, serta sebesar 72%, 16%, dan12% pada konsep tingkat energi elektron.  

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya